I Nengah Toya Memotivasi LPD

BERBAGAI upaya dilakukan di Karangasem guna memotivasi agar Lembaga Perkreditan Desa (LPD) terus bergerak dan bersemangat. Tentunya, tak cukup motivasi dan semangat, keterampilan sumber daya prajuru (dulu disebut pengurus) juga harus ditingkatkan melalui pelatihan atau bimbingan teknis (bimtek).

Selama tiga hari dan terakhir, Jumat (6/9) digelar Bimtek Peningkatan Manajemen Usaha bagi LPD dan Lembaga Keuangan Mikro bagi prajuru LPD se-Karangasem.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Karangasem, I Nengah Toya, belum lama ini di sela-sela bimtek itu mengatakan, bimtek itu guna mendukung perkembangan dan kemajuan sumber daya prajuru agar mampu bersaing dengan lembaga keuangan mikro lainnya. “Melalui LPD kita harapkan pertumbuhan ekonomi di desa lebih cepat,” katanya.

Prajuru LPD diharapkan dapat memperkaya wawasan, pengetahuan dan keterampilan pengelola, khususnya aspek penting seperti pengetahuan, keterampilan mengelola uang serta membuat akuntansi, aspek manajemen usaha yang baik. Diakui LPD di Karangasem masih banyak yang tidak beroperasi. “Kami memang mengundang bimtek bagi LPD atau prajuru-nya yang masih berjalan, meskipun masih termasuk kategori kurang sehat, cukup sehat dan tidak sehat. “Yang tidak beroperasi, kita tidak undang, orangnya  atau prajurunya tidak ada, kita mau ajak siapa untuk di bimtek,” ujar pria asal Bebandem yang baru beberapa bulan ini menjadi Kadiskop dan UMKM Karangasem itu. *bud