Yusuf Wiharto Raih Penghargaan ’’Man of The Year 2019’’ Pengabdian pada Pelestarian Budaya

PENGHARGAAN - Yusuf Wiharto saat menerima penghargaan  "Man of The Year 2019" yang diserahkan oleh Ketua WHDI Provinsi Bali, Bintang Puspayoga.

Denpasar (Bisnis Bali) – Yusuf Wiharto mungkin tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun produk kosmetik yang diproduksi sangat dikenal masyarakat sejak 1962, yaitu Viva Cosmetics. Komitmen Viva Cosmetics dalam pelestarian budaya, khususnya yang berkaitan dengan tata rias pengantin tradisional, membawa Yusuf dinobatkan sebagai Man of The Year 2019 oleh Yayasan Penghargaan Indonesia dan Studio Seven Production Jakarta.

Penghargaan ini diberikan dalam acara anugerah prestasi dan pengabdian tokoh Indonesia yang diberikan anugerah Lifetime Achievement Awards serta Man and Woman of The Year 2018-2019 kepada sejumlah tokoh yang telah berkontribusi di sejumlah bidang beberapa waktu lalu di Gedung Pers Bali K Nadha Denpasar.

Ketua panitia acara, Dr. Dra. Anak Agung Ayu Ketut Agung, M.M.,  mengatakan, anugrah prestasi dan pengabdian tokoh Indonesia telah 30 tahun dilaksanakan dan 10 tahun terakhir ini dilangsungkan di Bali.  “Penghargaan ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang dianggap telah memberi energi positif bagi masyarakat serta telah dapat memberikan contoh kepada generasi muda demi kemajuan bangsa seperti yang telah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo dalam mencetak SDM unggul di tengah segala arus kemajuan zaman dan juga di tengah merebaknya radikalisme berbau isu SARA. Kami sadari pencarian figur penerima penghargaan tak mudah, namun telah kami lakukan secara komprehensif dengan melibatkan pakar yang kompeten di bidangnya masing-masing,” ujar Ibu Agung.

Yusuf Wiharto menyampaikan rasa terima kasih terutama kepada penyelenggara dan masyarakat Bali yang telah memilihnya untuk menerima penghargaan tokoh Indonesia tersebut. “Saya rasa masih banyak orang lain yang lebih patut mendapatkan penghargaan ini, karena saya masih muda dan masih banyak belajar. Tapi sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih, kami dari Viva Cosmetics yang berusia 57 tahun pada tahun ini, slogan kami yaitu Viva Cosmetics Made in Indonesia sesuai untuk daerah tropis, artinya bahwa kami memang benar-benar dibuat di Indonesia oleh anak bangsa Indonesia dan untuk warga negara Indonesia sendiri,” kata Yusuf Wiharto, Direktur Distribusi Viva Cosmetics Wilayah Indonesia Timur.

Hal tersebut sangat  berkaitan erat dengan Bali, karena Bali ini sangat kental dengan budayanya. “Saya lihat ini yang harus dijaga dan ini menjadi salah satu tanggung jawab dari Viva untuk memperhatikan eksistensi budaya Bali ini, agar supaya tidak punah dan tergilas  budaya asing yang masuk ke Indonesia. Ini salah satu bentuk kepedulian kami untuk dapat melestarikan budaya di Provinsi Bali yaitu bekerjasama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Agung yang secara rutin menggelar road show setahun 30 kali ke kabupaten/kota di Bali terkait pakem tata rias dan busana adat Bali,” katanya.

Ibu Agung menambahkan, kepedulian Yusuf bersama Viva Cosmetics dalam pelestarian budaya tidak tanggung-tanggung ditunjukkan dengan melakukan promosi  budaya ke berbagai negara. “Kami dari LKP Agung diajak mempromosikan budaya Bali, khususnya tata rias, tari dan busana adat Bali ke sejumlah negara di Amerika, Asia dan Eropa. Dalam waktu dekat ini kami juga akan melakukan promosi budaya ke Eropa Timur yaitu Munich, Fussen, Salzburg, Prague, Vienna, Bratislava dan Budapest,” ungkap Ibu Agung.

Tidak hanya konsen dalam pelestarian budaya di Bali, Viva juga berkiprah di seluruh Indonesia dalam upaya pelestarian budaya di masing-masing daerah. Dengan motto Viva Cosmetics 3Mu yaitu murah, mudah dan mutu. Murah itu agar dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat, mudah dijangkau oleh masyarakat dengan distribusi barang yang baik hingga ke pelosok negeri, dan yang terakhir adalah mutu yang tetap terjamin, jadi murah bukan berarti murahan namun murah dengan tetap mengedepankan kualitas. *pur / ad