Tabungan Berhadiah, Jadi Daya Tarik LPD Penarungan

LPD - Aktivitas pelayanan di LPD Penarungan.

BERBAGAI program tabungan dimiliki LPD Desa Adat Penarungan, Mengwi, Badung untuk menarik minat masyarakat. Salah satunya program tabungan berhadiah dengan pemberian kupon undian.

Kepala LPD Desa Adat Penarungan, I Wayan Sudiartha, S.E., saat ditemui Jumat (6/9) mengatakan, kupon undian berhadiah diberikan bagi nasabah yang memiliki tabungan dengan nominal mencapai Rp2 juta atau kelipatannya. “Nasabah yang memiliki tabungan Rp2 juta berhak mendapat satu kupon undian. Demikian juga kelipatannya. Setiap kelipatan Rp2 juta mendapatkan satu kupon,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pengundian kupon yang dimiliki masyarakat ini dilakukan sekali dalam setahun. Dengan kupon yang dimiliki, masyarakat sebagai nasabah mendapatkan kesempatan untuk memperoleh berbagai hadiah menarik dari LPD. “Kami menyediakan door prize berupa 1 unit sepeda motor. Beberapa hadiah lainnya juga melengkapi, seperti sepeda gayung, TV, kulkas, mesin cuci dan sebagainya,” ujar Sudiartha.

Sudiartha mengatakan, cara ini mampu memberi ketertarikan pada masyarakat untuk meningkatkan jumlah tabungannya. Makin banyak tabungan yang dimiliki nasabah akan makin besar kesempatan untuk mendapatkan hadiah yang disediakan. Tentunya hal ini berpengaruh terhadap peningkatan jumlah dana pihak ketiga (DPK) di LPD Desa Adat Penarungan.

Selain tabungan berhadiah, LPD Penarungan, juga memiliki tabungan program yang diberi nama Sidari (Simpanan Desa Mesari). Program ini merupakan jenis tabungan berjangka dengan jangka waktu minimal 1 tahun. Tabungan program ini, kata Sudiartha, biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan upacara, pendidikan dan sebagainya. Suku bunga yang ditawarkan juga menarik yaitu 7 persen per tahun.

Program tabungan berjangka ini dikatakannya sangat efektif untuk membantu masyarakat mengumpulkan dana dalam persiapan kebutuhan tertentu. “Jenis tabungan ini cukup menarik antusias masyarakat. terlebih lagi dengan suku bunga yang diberikan,” imbuhnya. *wid