Hukum Tua Se-Minahasa Gelar Studi Banding di Badung

ist BERFOTO - Kadis PMD Putu Sridana terima Kunjungan 237 hukum tua (kepala desa) se-Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara di Badung tepatnya di Desa Punggul Kecamatan Abiansemal, Rabu, (4/9) kemarin.

Mangupura (bisnisbali.com) – Pada Rabu, (4/9) kemarin, Bupati Badung diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs. Putu Gede Sridana, M.Si. menerima kunjungan 237 hukum tua (kepala desa) se-Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara di Kabupaten Badung, tepatnya di Desa Punggul Kecamatan Abiansemal. Kunjungan yang dipimpin langsung Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa Kabupaten Minahasa Djepri S. Sajow, S.H. ini dalam rangka pembelajaran desa digital dan persiapan reflikasi aplikasi SIGADIS se-Kabupaten Minahasa. Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Surya Jaya, Perbekel Punggul Kadek Sukarma, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Abiansemal, Bendesa Adat, BPD Desa Punggul serta para pejabat terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Kadis PMD Putu Sridana di sela-sela kunjungan mengucapkan selamat datang dan apresiasi atas dijadikannya Desa Punggul sebagai tujuan studi banding oleh hukum tua /kepala desa se-Kabupaten Minahasa. Desa Punggul sendiri merupakan percontohan desa digital secara nasional, karena sudah kongkret menerapkan layanan dengan aplikasi desa digital. Dengan desa digital ini akan mampu meningkatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat melalui SIAK, Siadek, Sigadis maupun sistem Simpedes, produk desa digital ini boleh digunakan oleh siapa pun. “Semoga apa yang diperoleh dari kunjungan ini bisa diterapkan di Kabupaten Minahasa dan bisa tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat di sana,” harap Sridana.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa Kabupaten Minahasa Djepri S. Sajow, SH.  menjelaskan maksud dan tujuan dari kunjungan kerja ini berawal informasi dari Kemendagri terkait keberhasilan Desa Punggul khususnya dalam penerapan sistem digital dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat sehingga Desa Punggul dideclare sebagai desa digital. “Kunjungan ini merupakan komitmen kami dari Kabupaten Minahasa untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana sistem digital itu bekerja dan manfaatnya di dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat, semoga kunjung ini bisa diterapkan dan bermanfaat bagi kami di Kabupaten Minahasa,” harapnya.

Acara kunjungan ditutup dengan dialog untuk memperdalam materi dan foto bersama untuk mempererat tali silaturahmi. *ad