BPR Gaet UMKM dengan Layanan Cepat

Gianyar (Bisnis Bali) – Bank perkreditan rakyat (BPR) dihadapkan dengan persaingan yang ketat dengan lembaga jasa keuangan (LJK) lainnya. Untuk bersaing, BPR menggaet sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan layanan cepat.

Sekretaris DPD Perbarindo Bali, Made Suarja, Rabu (4/9) mengatakan, UMKM dan BPR ibarat dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Dari segi ukuran bisnis, BPR memang sangat tepat membiayai sektor UMKM.

Ia menjelaskan, usaha kecil dan menengah itulah pasar BPR. BPR mampu melayani UMKM yang memiliki administrasi yang sangat sederhana. BPR tentunya harus siap memenuhi keinginan pelaku UMKM jika ingin dilayani secara cepat.

Suarja menegaskan, untuk memberikan layanan cepat, BPR harus  mampu memangkas birokrasi yang panjang. Hanya saja, pelayanan yang  sangat cepat ini tidak boleh mengesampingkan unsur kehati-hatian.

Ketua Korcam Perbarindo Mengwi-Abiansemal (Mas), Ketut Diri Adnyana mengatakan, BPR mampu melayani masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) secara cepat. Untuk itu, BPR sangatlah tepat memilih memberikan layanan berbasis digital.

Ia melihat pasar BPR kini banyak beralih menggunakan gadget Android. Perubahan pasar ini bisa disikapi dengan trik pelayanan menggunakan digital. Produk BPR juga wajib dipasarkan melalui website.

Nasabah BPR bisa dimanjakan dengan  mengakses layanan buka rekening tabungan lewat website. Pembukaan rekening tabungan, pembukaan rekening deposito, dan pengajuan kredit bisa dilakukan melalui website. “Ini kemudahan layanan secara digital,” katanya.

Diri Adnyana mengungkapkan, layanan BPR sepenuhnya sudah berbasis digital termasuk dalam penggaetan DPK mencakup layanan mobile collection, dan SMS broadcast. “Dengan layanan digital juga bisa digunakan BPR untuk memajukan UMKM,” jelasnya.

Diri Adnyana menegaskan, layanan mobile banking akan memudahkan layanan kepada masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Layanan digital memberikan akses layanan keuangan secara cepat kepada para nasabah. *kup