Kabupaten Tabanan Memiliki Ketua DPRD Baru

Kursi panas itu kini dimandatkan kepada politisi kawakan PDI-Perjuangan asal Banjar Jelai, Sudimara, Tabanan, yakni I Made Dirga, dan Wakil Ketua DPRD dimandatkan kepada para srikandi, yakni Ni Made Meliani serta Ni Nengah Sri Labantari.

Tabanan (bisnisbali.com) –  Kursi Pimpinan atau Ketua DPRD Kabupaten Tabanan yang selama ini lowong pascaperhelatan Pesta Demokrasi 2019, kini telah bertuan. Kursi panas itu kini dimandatkan kepada politisi kawakan PDI-Perjuangan asal Banjar Jelai, Sudimara, Tabanan, yakni I Made Dirga, dan Wakil Ketua DPRD dimandatkan kepada para srikandi, yakni Ni Made Meliani serta Ni Nengah Sri Labantari.

Hal itu terungkap pada Rabu (4/9) di Gedung DPRD Kabupaten Tabanan, dalam acara Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Tabanan masa jabatan 2019-2024. Penasbihan I Made Dirga sebagai Ketua dan para srikandi sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabanan periode 2019-2024 tersebut, disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, beserta Forkompinda, Instansi Vertikal dan BUMD serta OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Ketua DPRD merupakan posisi kehormatan untuk partai penguasa pemilu atau peraih suara terbanyak di daerah tersebut. Yang nantinya mempunyai tugas, di antaranya sebagai juru bicara DPRD, melaksanakan keputusan DPRD, mengadakan konsultasi dengan kepala daerah dan instansi pemerintah lainnya sesuai dengan keputusan DPRD, dan memimpin sidang-sidang dan menyimpulkan hasil rapat untuk mengambil keputusan.

Terpilihnya lelaki kekar berkumis tebal ini sebagai Ketua Legislatif Tabanan mendapat ucapan selamat dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Orang nomor satu di Tabanan tersebut berpesan agar setelah resmi menjadi Ketua DPRD yang baru sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Bali nomor 1941/01-A/HK/2019 tanggal 2 september 2019 tentang peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabanan masa jabatan tahun 2019-2024, semoga tugas dan tanggung jawab yang diemban dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Saya yakin bahwa dengan pelantikan ini akan makin membangun motivasi dan gairah saudara/saudari sebagai Ketua dan Wakil Ketua yang penuh gagasan, dedikasi, kreatif dan penuh inovasi,” tegas Srikandi asal Tegeh Angseri tersebut saat itu.

Tentunya segenap jajaran anggota dewan harus memberikan dukungan dan kerja sama yang baik, sehingga tugas dan amanah yang diemban dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Karena peran DPRD Tabanan sangat strategis dalam mewujudkan kedaulatan rakyat dan menciptakan kehidupan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Oleh Karena itu, hubungan yang harmonis dan sinergis merupakan kunci utama untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Tabanan, yakni mewujudkan masyarakat yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi, Tabanan Serasi,” imbuh Bupati Eka.

Selaku Ketua DPRD Kabupaten Tabanan yang Baru, I Made Dirga mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat dari Bupati Eka. Dirga menegaskan tugas, fungsi dan tanggung jawab ini harus menjadi landasan berpikir dalam menyusun alat kelengkapan DPRD.

Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh anggota DPRD Kabupaten Tabanan periode 2019-2024 senantiasa meningkatkan kinerja lembaga DPRD dan berjuang dengan segenap daya dan upaya agar dapat mensejahterakan masyarakat.

“Dan satu hal yang harus kita tanamkan adalah bahwa fasilitas yang tersedia dan yang akan disediakan bukan merupakan tujuan, tapi sarana yang harus kita manfaatkan dalam mengoptimalkan kinerja lembaga,” pungkas Dirga.  *man