TOURING - Kegiatan Touring Rangkaian Perayaan Hari BPR/BPRS Nasional yang dilaksanakan Perbarindo Bali menggandeng OJK Minggu (16/6).

Tabanan (Bisnis Bali)- Dalam rangkaian acara peringatan Hari BPR/BPRS Nasional, Minggu (16/6) menyelenggarakan tiga kegiatan touring, edukasi dan literasi keuangan serta kegiatan sosial dan bersih-bersih. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota Perbarindo Bali dengan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kegiatan touring mengambil start di UC Silver Batubulan menuju stop over Candikuning untuk mengikuti kegiatan edukasi dan finish di Tanah Lot Tabanan guna melaksanakan kegiatan bersih-bersih. Ketua DPD Perbarindo Bali, Ketut Wiratjana didampingi Sekretaris Made Suarja dan Ketua Panitia, AA Sudipta Panji menyampaikan rangkaian perayaan Hari BPR/BPRS Nasional sudah digelar dengan berbagai kegiatan. Bertepatan dengan hari suci Purnama diawali dengan sembahyang bersama jajaran dan anggota DPD Perbarindo Bali  di Pura Jagatnatha Denpasar (18/6).

Sore harinya, DPD Perbarindo Bali bersama DPK Perbarindo Kota Denpasar ikut dalam Pameran Mobil Antik Bersama Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno (PPMKI) Bali dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar. Minggu (16/6) diselenggarakan kegiatan di tiga titik yakni dimulai dari Batubulan (Gianyar), Candi Kuning (Tabanan), hingga finish di Tanah Lot (Tabanan).

Perayaan Hari BPR/BPRS Nasional ini diisi dengan kegiatan touring Batubulan, edukasi literasi keuangan di Candikuning dan terakhir aksi sosial Go Green (bersih-bersih sampah) di Tanah Lot. Kegiatan touring diikuti perwakilan dari 135 BPR se Bali dengan menggunakan rompi orange dengan lambang BPR/BPRS Nasional. Kegiatan menempuh rute dari Batubulan menuju Candikuning.

Selanjutnya kegiatan edukasi dan literasi keuangan diikuti STT Pancasari dan STT Candikuning. Edukasi dibawakan perwakilan OJK dan perwakilan Perbarindo Bali dengan tema ” Edukasi Keuangan dan Waspada Investasi”.  Ketut Wiratjana menyampaikan puncak acara Hari BPR/BPRS  digelar (13/7) diikuti seluruh keluarga besar BPR/BPRS se-Indonesia yang diawali dengan Tour Parade VW di Lapangan Lumintang, Denpasar yang digelar bersamaan dengan jalan santai dan melibatkan belasan ribu peserta di Lapangan Bajra Sandi Renon. Kegiatan Fun Walk ini berhadiah mobil mewah warna merah, sepeda motor dan hadiah lainnya.

Perayaan Hari BPR/BPRS Nasional dengan moto ” Bersama BPR-BPRS, Bank Sahabat Anak Negeri”. “Hari BPR-BPRS Nasional ini digaungkan guna mendekatkan BPR/BPRS  dengan UMKM, melayani masyarakat kecil dan menengah,” ucap Ketut Wiratjana.

Kepala OJK Regional 8 Bali Nusra, Elyanus Pongsoda mengatakan, kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang diselenggarakan Perbarindo Bali bersama OJK guna peningkatan inklusi keuangan kepada masyarakat. Di Bali terdapat 135 BPR dan 1 BPRS. BPR di Bali diharapkan bisa melaksanakan fungsi intermediasi dan pengelolaan keuangan yang baik. Peserta edukasi dan literasi keuangan diharapkan mampu memahami produk BPR dan lembaga keuangan yang lain serta bisa terhindar dari investasi ilegal. *kuo/editor rahadi