Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Tanah Lot Membludak

Tabanan (Bisnis Bali) –
Momen libur panjang serangkaian Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) berdampak positif pada kunjungan wisatawan ke Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot. Betapa tidak, tingkat  kunjungan wisatawan ke salah satu obyek wisata di Kabupaten Tabanan ini membludak alias mengalami lonjakan dari biasanya.
Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, Jumat (5/6) mengungkapkan, DTW Tanah Lot masih menjadi tempat favorit untuk menikmati suasana libur lebaran yang berbarengan dengan liburan sekolah tahun ini. Imbuhnya, sejak H-2 sebelum Lebaran arus kedatangan ribuan wisatawan diantaranya yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang, Sidoarjo, Bandung, Jogjakarta, hingga Makassar datang ke DTW Tanah Lot.
“Selain itu wisatawan mancanegara juga tidak kalah membludaknya. Mulai H-2 Lebaran DTW Tanah Lot sudah dipenuhi oleh wisatawan,” tuturnya.
Papar Toya, saat H-2 Lebaran jumlah pengunjung mencapai 10.654. Dari jumlah tersebut, 6.587 diantaranya adalah wisatawan domestik dan 4.367 adalah wisatawan mancanegara. Di sisi lain, saat H-1 jumlah pengunjung mengalami peningkatan menjadi 11.926, dimana 7.345 adalah domestik dan 4.581 adalah mancanegara. 
“Dominan merupakan  wisatawan domestik, mengalahkan angka kunjungan dari mancanegara yang mendominasi pada pekan sebelumnya,” tandasnya.
Prediksinya, membludaknya kunjungan akan terjadi hingga 9 Juni nanti, karena bertepatan juga dengan weekend. Bercermin dari itu, untuk menunjang kelancaran, pihaknya seminggu sebelumnya sudah melakukan persiapan di lapangan termasuk berkordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan di Tanah Lot selama musim libur Lebaran ini.
“Selain itu dengan dipasangnya beberapa kamera pengintai tambahan (32 CCTV) di titik-titik rawan kepadatan, kami harap bisa menghindari hal-hal yang merugikan wisatawan, dan tentunya keamanan wisatawan tetap terjaga sehingga wisatawan merasa aman berada di DTW Tanah Lot,” tegasnya.
Sementara itu, dari pantauan di lapangan, ribuan wisatawan di DTW Tanah Lot melakukan berbagai aktivitas. Yakni, mulai berjalan-jalan di areal wisata, tattoo temporary, melihat ular suci, air suci, pemotretan, wisata belanja, wisata kuliner, atau hanya duduk-duduk santai di beberapa café dan restaurant sambil mengobrol dengan teman atau keluarga mereka.
Dari berbagai aktivitas tersebut, paling ditunggu adalah saat munculnya sunset yang sudah terkenal keindahannya hingga ke mancanegara. Moment tersebut paling ditunggu oleh wisatawan dan tentunya mereka akan mengabadikan moment tersebut dengan jepretan kamera mereka.*man