Jelang Idul Fitri, Mandiri Siapkan Dana Rp500 Miliar

Denpasar (Bisnis Bali) – Menyambut momen Ramadhan dan Hai Raya Idul Fitri, Bank Mandiri telah menyiapkan kebutuhan uang bagi masyarakat Bali sekitar Rp500 miliar. Tidak hanya itu bank BUMN ini memastikan keamanan ATM dan ketersedian uang yang cukup sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.
CEO Bank Mandiri Regional XI Bali Nusra Rully Setiawan di sela-sela membagikan makanan berbuka puasa (takjil) di Sanur, Selasa (21/5) mengatakan, bank sudah memproyeksikan kebutuhan masyarakat akan uang kartal, termasuk penukaran uang kecil bekerja sama dengan Bank Indonesia dan bank lainnya.
“Bank intinya siap melayani kebutuhan masyarakat akan uang tunai baik pecahan kecil maupun besar jelang Idul Fitri,” katanya.
Selain itu, dalam upaya menjamin kelancaran transaksi, ia menyampaikan bank juga melakukan layanan operasional terbatas dengan adanya kantor-kantor cabang yang buka selama liburan baik itu di Bali, Mataram dan Kupang untuk bisa melayani nasabah termasuk penyetoran SPBU terkait penebusan BBM/ non-BBM Pertamina.
“Uang yang telah disiapkan selama Ramadhan dan Idul Fitri tersebut buat ATM namun biasanya muter kembali dari nasabah-nasabah nyetor. Uangnya muter, dari SPBU misalnya di mana setiap cabang umumnya bisa menerima Rp5 miliar setiap harinya dikalikan kantor yang buka,” paparnya.
Ia pun menilai setiap tahun tidak terlalu signifikan ada peningkatan persiapan dana yaitu di kisaran Rp500 miliar, apalagi bank memiliki ATM yang bisa melayani tarik dan setor. Terkait keamanan ATM pun Rully memastikan ada patroli yang melakukan pengawasan keamanan ATM.
Rully menambahkan selain kesiapan uang jelang Idul Fitri, Mandiri juga membagikan takjil setiap hari selama Ramadhan 1440 H. Takjil tersebut diberikan kepada musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan, fakir miskin, yatim piatu dan pesantren.   
“Pembagian takjil gratis ini juga merupakan salah satu bagian dari upaya kami sebagai badan usaha milik negara, untuk selalu dekat dengan masyarakat,” jelasnya.
Bank Mandiri menyiapkan sekitar 48 ribu takjil untuk dibagikan kepada masyarakat. Selain membagikan takjil, sepanjang Ramadhan tahun ini, Bank Mandiri juga menggelar berbagai program seperti buka bersama anak yatim, membagikan alquran dan aktifitas sosial lainnya.
“Berbagai aktivitas sepanjang bulan Ramadhan itu merupakan wujud syukur bank sekaligus berbagi dengan masyarakat sekitar dan memotivasi untuk bersama-sama meningkatkan amal ibadah di bulan Ramadhan,” ucapnya.
Di Bank Mandiri Regional XI Bali dan Nusa Tenggara yang membawahi wilayah Bali, NTB dan NTT, acara di denpasar dipusatkan di Sanur dengan membuka booth di depan masjid Al-Ihsaan Ina Grand bali beach Sanur untuk di bagikan ke semua warga masyarakat khususnya bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Hal tersebut di lakukan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama. *dik