HADIAH UTAMA - Penyerahan hadiah utama kepada pemenang undian pada perayaan HUT ke-29 LPD Desa Pakraman Jumpai, Minggu (5/5) lalu.

Semarapura (Bisnis Bali) – LPD Desa Pakraman Jumpai menggelar perayaan HUT ke-29 pada Minggu (5/5) lalu bertempat di Balai Banjar Kawan, Desa Jumpai, Klungkung. Pada perayaan HUT tahun ini juga dirangkaikan gebyar undian dengan hadiah utama sepeda motor.

Perayaan HUT ke-29 ini diawali jalan santai yang diikuti seluruh masyarakat Jumpai dari 2 Banjar. Dalam pelaksanaan jalan santai ini  LPD Desa Pakraman Jumpai juga menyiapkan puluhan doorprise untuk masyarakat yang menjadi peserta jalan santai dengan hadiah utama satu unit sepeda gayung.

Kepala LPD Desa Pakraman Jumpai I Nengah Susarma, saat ditemui di sela-sela acara mengatakan, gebyar ini merupakan yang kelima kalinya dilaksanakan berturut-turut sejak 5 tahun terakhir. Diungkapkannya, sejak gebyar ini diselenggarakan, partisipsi dan keperacyaan masyarakat makin meningkat. “Hal ini dapat dilihat dari  terus meningkatkannya jumlah aset yang dikelola LPD,” ungkapnya.

Aset LPD Desa Pakraman Jumpai hingga April  2019 telah mencapai Rp21 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan di bandingkan akhir tahun 2018 yang mencapai Rp20 miliar. Adapun laba yang diperoleh LPD Desa Pakraman jumpai pada tahun 2018 mencapai Rp777 juta. “20 persen dari laba tersebut, sebanyak Rp155  juta lebih dana pembangunan kami setorkan ke desa pakraman tahun ini,” ungkapnya.

Di samping itu, LPD Desa Pakraman Jumpai juga memberikan berbagai kontribusi kepada masyarakat. Seperti yang sudah berjalan yaitu, pemberian 2 ekor babi setiap pujawali Saba dan memberikan santunan kepada masyarakat yang meninggal sebanyak Rp1 juta per orang.  Selain itu, LPD Desa Pakraman Jumpai memberikan kemudahan kredit kepada para generasi muda yang ingin bekerja di kapal pesiar.

Bendesa Adat Jumpai I Wayan Marpa SE,  menambahkan, sangat bangga dengan kinerja para pengurus LPD  Desa Pakraman Jumpai selama ini. Menurutnya, tetap eksisnya LPD Desa Pakraman Jumpai dipengaruhi  tiga hal, yaitu dukungan dan partisipasi masyarakat, loyalitas pengurus serta pembinaan yang rutin dilakukan olah Lembaga Pemberdayaan (LP)-LPD.  Marpa berharap kepercyaan masyrakat  terus meningkat sehingga LPD terus maju dan memberi pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Koordinator LP-LPD Klungkung  I Wayan Sumerta, mengungakpakan mengapresiasi positif atas pelaksanaan Gebyar serta perayaan HUT LPD Desa Pakraman Jumpai yang ke 29 tahun ini. Dikatakannya, LPD Desa Pakraman Jumpai memasuki peringkat 10 besar LPD terbaik di kabupaten Klungkung. “Ke depannya, semoga prestasi ini dapat terus di pertahankan,” ungkapnya. *wid/editor rahadi