LPD Bualu Luncurkan Program klik-LPD

Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam upaya memberikan layanan terbaik dan sesuai kebutuhan masyarakat, LPD Desa Adat Bualu meluncurkan program yang diberi nama Kenyamanan Layanan Idaman Krama (klik) LPD. Peluncuran program yang bekerja sama dengan  PT Sakti Guna Dana dan Bank BNI ini akan memberikan kemudahan bagi nasabah LPD dalam bertransaksi, baik setor atau tarik tunai serta cashless payment dari mana saja dengan ATM BNI.

Peluncuran program yang berlangsung di LPD Desa Adat Bualu, Sabtu (27/4), dihadiri sejumlah undangan yaitu kepala LPD se-Kuta Selatan, Pimpinan BNI Cabang Denpasar, pakar ekonomi, hingga unsur desa adat.  Kepala LPD Desa Adat Bualu I Made Astika mengatakan, program ini merupakan inovasi terbaru bagi LPD khususnya LPD Desa Adat Bualu, yang nantinya diharapkan mampu memberikan pelayanan yang tepat dan cepat kepada masyarakat. “Dalam program ini kita bekerja sama dengan PT Sakti Guna Dana, di mana nasabah LPD bisa melakukan transaksi pada ATM BNI yang tersebar di seluruh wilayah di Bali bahkan luar Bali,” katanya.

Dengan adanya program ini, diharapkan mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat serta dapat dilakukan di mana saja. ”Masyarakat kami (Desa Adat Bualu) selalu menginginkan layanan cepat dan akurat. Artinya, bagaimana kami mampu mengurangi tingkat permasalahan itu. Dengan adanya layanan klik-LPD ini diharapkan nantinya mampu melayani masyarakat sesuai kebutuhannya,” ungkap Astika.

Disinggung terkait biaya tambahan dengan adanya program layanan ini, Astika mengatakan untuk saat ini belum diberlakukan. Pihaknya masih akan mempelajari lebih lanjut soal penggunaannya nanti. “Saat ini kita kan baru soft opening, ke depannya kita akan lihat dulu perkembangannya. Rencananya kita akan grand opening pada September mendatang dibarengi dengan perayaan HUT LPD Bualu, dan ini akan menjani kado untuk masyarakat,” katanya.

Dirut PT Sakti Guna Dana, Ida Bagus Gede Adhitya menambahkan, setelah soft opening akan dilakukan pematangan sistem dan evaluasi disaster scenario pada sistem nantinya. Namun, pihaknya menjamin sistem ini telah aman digunakan untuk bertransaksi.  “Kami harapkan Layanan klik-LPD Desa Adat Bualu ini menjadi pilot project bagi pengembangan sistem transaksi di LPD-LPD lainnya di Bali ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Bualu, Ir. I Wayan Wita mengaku sangat antusias terhadap program ini, di mana program ini merupakan kepentingan masyarakat. Terutama pemanfaatan waktu bagi masyarakat yang saat membutuhkan dana dan berada di luar desa adat segera bisa mendapatkannya. “Kami harapkan masyarakat mau untuk mengikuti program ini, mau belajar untuk meningkatkan diri dan bisa memanfaatkan dengan baik,”  katanya.

Pihaknya berharap keberadaan LPD yang merupakan lembaga tradisional milik desa adat ini bisa terus maju sesuai dengan perkembangan globalisasi untuk mensejahterakan masyarakat Desa Adat Bualu.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah BNI Denpasar Mustaqiem, yang mewakili CEO BNI Wilayah Bali, NTB dan NTT yang kebetulan sedang berhalangan hadir menegaskan, klik-LPD adalah inovasi penting di dunia lembaga keuangan mikro di Indonesia khususnya di Bali karena ini adalah sesuatu yang baru pertama kali terjadi dan tentunya membawa pengaruh yang sangat baik bagi kenyamanan nasabah LPD sesuai dengan namanya klik (Kenyamanan Layanan Idaman Krama) LPD. *adv/editor rahadi