Dharma wacana yang digelar BKS-LPD Bali di Wantilan Pura Samuan Tiga,Minggu (28/4).

Gianyar (Bisnis Bali)- Bersama LPD se- Bali, Badan Kerja Sama (BKS)- LPD serta Lembaga Pemberdayaan (LP) – LPD Bali menggelar bhakti penganyaran dan dharma wacana di Pura Samuan Tiga, Gianyar, Minggu (28/4). Kegiatan yang juga bersinergi dengan PT Bank BPD Bali ini mendatangkan Ketua PHDI Bali Prof.Dr.Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si sebagai narasumber.

Kegiatan dharma wacana yang digelar di Wantilan Pura Samuan Tiga ini,  diikuiti oleh unsur LPD baik itu pengurus serta karyawan. Adapun tema yang diambil yaitu “Penerapan Catur Purusa Artha dalam Mengelola LPD di Desa Adat”. Dharma wacana berlangsung kurang lebih 2 jam yang diakhiri dengan penyerahan dana punia oleh BKS-LPD, LP-LPD dan Bank BPD kepada prawartakakarya. Acara dilanjutkan dengan bhakti penganyaran dan persembahyangan bersama. Dalam kesempatan ini, sekeha gong dan sekeha Tari Rejang BKS-LPD Kabupaten Karangasem juga turut ngaturang ayah.

Ketua BKS-LPD Provinsi Bali Drs.I Nyoman Cendikiawan, S.H.M.Si. mengatakan, kegiatan seperti ini menjadi agenda rutin yang dilakukan pada setiap piodalan di Pura Sad Kahyangan atau Dhang Kahyangan. Terlebih lagi di Pura Samuan Tiga yang menjadi cikal bakal terbentuknya desa pakraman di Bali. “Ini merupakan bentuk realisasi dari program Tri Hita Karana terutama Parhyangan (hubungan manusia dengan Tuhan) yang merupakan kegiatan rutin baik bagi kami diprovinsi hingga masing-masing BKS-LPD di Kabupaten,” ungkapnya.

Tujuan kegiatan dalam konteks parhayangan seperti ini tiada lain sebagai ungkapan rasa syukur para pengurus LPD atas keeksistensian LPD hingga saat ini. Disamping juga memohon kelancaran, kesehatan dan keselamatan dalam operasional LPD ke depan.

Disinggung soal sinergi dengan Bank BPD, Cendikiawan mengatakan, sinergi ini sudah dijalin dari sejak dahulu yang jalinan kerja sama ini akan terus dijaga dan ditingkatkan ke depan.

Sementara itu, Prawartaka Karya Pura Samuan Tiga, I Wayan Parta mengucapakan terima kasih kepada LPD serta Bank BPD Bali yang telah memberi perhatian pada penyelenggaraan piodalan di Samuan Tiga, baik itu berupa bhakti penganyaran serta dana punia yang diberikan. *wid/editor rahadi