Amlapura (Bisnis Bali) – Bank BPD Bali menggelar bersih-bersih sampah plastik di kawasan Pura Besakih. Kegiatan ini sangat positif untuk menjaga kesucian alam dan pura, sekaligus mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera, bahagia sekala niskala.
Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem Ida Bagus Nyoman Ari Suryantara, S.H., M.M., Minggu (21/4) mengatakan kegiatan ini dalam upaya menyambut HUT ke-57 BPD Bali. Aksi bersih-bersih sampah plastik di Penataran Pura Besakih sebagai bukti nyata Bank BPD Bali dalam mewujudkan Pergub No 97 Tahun 2018 tentang sampah plastik.
“Kami mendukung kegiatan mereresik sebagai upaya menjaga kelestarian terutama kebersihan di kawasan suci Pura Besakih,” katanya.
Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H. didampingi semua direksi mengatakan, gerakan bersih-bersih sampah plastik yang diikuti sekitar 500 karyawan Bank BPD Bali sebagai momentum sinergitas antara pemerintah, dengan pihak perbankan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memberikan edukasi masyarakat untuk menjaga kesucian Pura Besakih. Acara ini merupakan implementasi dari Pergub Nomor 97 tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai.
“Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut. Di luar tugas yang bergerak di bidang keuangan, kami juga punya tanggung jawab terhadap lingkungan seperti menjaga kebersihan dan kesucian pura,” katanya.
Kegiatan bersih-bersih sampah di Pura Besakih juga serangkaian baru selesainya Upacara Panca Wali Krama, sehingga pihak Bank BPD Bali terpanggil melakukan kegiatan mareresik untuk menjaga kebersihan dan kesucian Pura Besakih.
Bank milik krama Bali ini juga memberikan program CSR keagamaan berupa pengaspalan di Pura Pesimpangan Besakih senilai Rp56 juta dan memberikan 5 gerobak sampah kepada Bandesa Adat Besakih.
Hal yang sama juga dikatakan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa. Ia sangat berterimakasih dengan Bank BPD Bali dengan melakukan aksi maresik di Pura Besakih mengingat merupakan pura yang terbesar di Bali.
Ia pun berharap kegiatan maresik oleh bank milik krama Bali ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat yang harapannya masyarakat bisa berempati terhadap kebersihan dan kesucian Pura Besakih.
Ketua Majelis Madya Desa Pakraman Kabupaten Karangasem ini pun mengapresiasi positif kegiatan sosial Bank BPD Bali yang memberikan punia serta beberapa peralatan kebersihan, seperti halnya gerobak sampah.
“Bank BPD Bali telah masuk usia ke-57 tahun.57 merupakan angka yang sangat fantastis dan bisa menjadi penyemangat untuk seluruh direksi maupun karyawan Bank BPD Bali untuk maju dalam melayani masyarakat Bali,” katanya.*dik