LPD Renon Terus Berikan Manfaat dan Kemudahan untuk Masyarakat

Denpasar (Bisnis Bali) – Seiring dengan kepercayaan dan anstusias masyarakat yang kian meningkat, LPD Desa Pakraman Renon terus berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat. Di samping manfaat secara langsung, berbagai program yang dimiliki LPD juga mampu meringankan beban masyarakat.

Kepala LPD Desa Pakraman Renon I Wayan Madia, mengatakan, selain rutin menyerahkan dana pembangunan tiap tahunnya kepada masyarakat, LPD Desa Pakraman Renon juga memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu saat perayaan HUT. Termasuk mendukung keberadaan kelompok-kelompok masyarakat, seperti sekeha teruna sekeha gong yang rutin diberikan dana oleh LPD. Hal ini ditopang oleh dana sosial yang dianggarkan tiap tahunnya.

Dengan penyerahan 20 persen dari laba tersebut, mampu meringankan bebas masyarakat khususnya dalam hal urunan saat penyelenggaraan piodalan di Pura Kahyangan Tiga. “Saat ini pelaksanaan piodalan difasilitasi oleh desa adat, yang tentunya LPD turut serta di dalamnya. Masyarakat diringankan bebannya yang hanya berperan dalam melaksanakan kegiatan,” jelasnya.

Melalui program-program yang dimiliki, LPD Desa Pakraman Renon juga memberikan keringanan untuk masyarakat terutama dalam perolehan kredit. Seperti memberi keringan suku bunga terhadap permintaan kredit untuk keperluan biaya rumah sakit atau bedah rumah yang akan dirancang nantinya. Termasuk juga keringan bunga kredit untuk kepemilikan kendaraan juga akan dilakukan LPD kedepan. “Kami ingin agar masyarakat makin merasakan keberadaan LPD di tengah-tengah mereka terutama dalam kebutuhan mendesak,” imbuhnya.

Berbagai manfaat dan kemudahan yang diberikan LPD ini tentunya mampu memberi kepercayaan pada masyarakat yang mendukung antusias masyarakat kepada LPD. Hal ini yang nantinya akan terus disosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui peran LPD selama ini yang mampu mendukung perekonomian desa pakraman. “Jadi dengan mereka (masyarakat) mau memanfaatkan LPD dikatakan telah mampu berkontribusi terhadap perekonomian desa pakraman,” imbuhnya. *wid/editor rahadi

I Wayan Madia