Denpasar (Bisnis Bali) – Pulau Bali selain menjadi pulau seribu pura, juga diharapkan mampu menjadi pulau seribu sungai yang tertata dengan baik dan rapi. Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak  PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, saat penilaian lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan, lomba-lomba HKG dan Jambore PKK tingkat Provinsi Bali th 2018/2019, di Tukad Bindu, Kesiman, Denpasar, senin (26/11).

Untuk mempercepat pencapaian hasil yang telah ditetapkan, perlu didukung oleh gerakan positif dari Tim Penggerak PKK seluruh Kabupaten/ Kota dalam mendidik dan melahirkan generasi berkualitas yang di mulai dari keluarga.

Ia berharap, melalui lomba ini, mampu membangkitkan motivasi dan terus menjadi penggerak bagi warga dan ibu-ibu keluarga besar TP PKK Kota Denpasar.

Sementara itu, Gusti Ayu Febrina Surya Ningsih selaku Ketua TP PKK Desa Kesiman mengatakan, lomba kesatuan gerak PKK ini sangat baik dalam membangkitkan kebersamaan serta meningkatkan mutu dan kualitas keluarga dan didikan buah hati dimasa emasnya, selain itu pengelolaan lingkungan yang baik juga akan meningkatkan kesehatan warga sekitarnya.

Melalui penilaian lomba ini, diharapkan menjadi motor penggerak partisipasi dari semua pihak dan menjadi wadah pembinaan bagi instansi Pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Lomba dibagi dalam empat jenis dengan kategori Kabupaten dan kategori Kota, adalah lomba pelaksana terbaik kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, lomba pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat, lomba pelaksana terbaik pos pelayanan terpadu (posyandu), dan lomba pelaksana terbaik prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga.

Sedangkan lomba-lomba PKK dalam rangka HKG PKK dan Jambore, adalah lomba pelaksana terbaik tertib administrasi, lomba pelaksana terbaik pola asuh anak dan remaja (PAAR) dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, lomba pelaksana terbaik usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K-PKK), lomba pelaksana terbaik pemanfaatan halaman pekarangan (HATINYA PKK), dan lomba inspeksi visual dengan asam asetat (IVA Test).

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menyerahkan 100 bibit kelapa, dan juga menyerahkan penghargaan kepada TP PKK Pedungan sebagai pemenang kategori HATINYA PKK. (pur)