Bank tak Paksa Pertumbuhan DPK di Akhir Tahun

Denpasar (Bisnis Bali) – Memasuki dua bulan akhir tahun ini, kalangan perbankan diprediksi tak akan terlalu memaksakan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK). Penghimpunan DPK melalui simpanan dana nasabah jelang akhir tahun akan disesuaikan dengan pertumbuhan kredit.

Area Manager Bali & Nusa Tenggara Bank Mega, Ardhana Febrianaji di Sanur, Selasa (30/10) kemarin mengatakan, menjelang dua bulan akhir tahun bank tentu berupaya meningkatan DPK namun bukan berarti memaksakan pada target tertentu.

Dari sisi pinjaman, bank saat ini tidak serta menaikkan suku bunga kredit melainkan melakukan cost efisiensi. Bank lebih melakukan penyesuain bunga kredit agar net interst margin (NIM) jangan makin tipis. Bank pun akan selektif dalam penyaluran kredit meski kondisi ekonomi stabil.

“Acuan bunga kredit tumbuh 12 persen hingga akhir tahun,” ucapnya.

Sementara perkembangan DPK hingga September 2018 meningkat 10 persen dan ada ruang naik kembali mencapai 12 persen hingga akhir tahun.

Sementara pemerhati perbankan, Kusumayani, M.M. saat dihubungi mengatakan, peningkatan DPK tentu bukan saat momen akhir tahun ini saja melainkan kumpulan transaksi selama setahun. Kondisi ekonomi yang membaik juga ikut mendukung peningkatan DPK.

Kendati demikian, diakui, DPK perbankan hingga akhir tahun masih mampu tumbuh sehingga tidak akan lagi dipaksakan tumbuh mencapai angka tertentu. DPK bank akan menyesuaikan dengan loan to funding ratio (LFR). Harapannya dana yang terhimpun bisa tersalurkan dengan tepat, jangan sampai dana menumpuk namun tidak tersalurkan dalam kredit karena tahun ini bank masih berhati-hati dalam penyaluran kredit seiring upaya menekan rasio kredit bermasalah di persentase normal.

 “Jika DPK terus digenjot bisa juga membuat LFR turun dan net interest margin (NIM) bisa tertekan,” katanya.

Ia menilai, bank tidak berusaha meningkatkan pertumbuhan DPK selain karena faktor teknis, juga bisa dipengaruhi momen akhir tahun itu sendiri. Kalangan perbankan meyakini likuiditas hingga akhir tahun akan membaik sehingga secara sendirinya DPK bank akan berpotensi tumbuh. (dik)