Pentingnya UMKM Miliki Izin Usaha

Singaraja (Bisnis Bali) – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng Nyoman Swatantra Jumat (19/10) siang menilai, tiap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) penting memiliki izin usaha. Karena izin usaha merupakan bukti sah usaha yang dijalankan sesuai aturan pemerintah.

Selain itu pelaku usaha yang memiliki izin usaha tentu tak hanya memudahkan dalam proses pengembangan usaha, juga membantu dan melancarkan pemasaran usaha. Karena itu izin usaha penting dan wajib dimiliki pengusaha sebab merupakan wujud perlindungan hukum, penegakan aturan, memudahkan mengembangkan usaha dan lain lain.

Di Buleleng, hingga saat ini dari 32.000 pelaku UMKM yang baru memiliki izin hanya 6.000 usaha. Sesuai kebijakan Pemerintah Daerah pengurusan izin usaha bisa dilakukan di tingkat kecamatan dengan gratis. “Kami selalu memghimbau bagaimana mengingatkan kepada pelaku UMKM untuk mengurus izin usaha,” katanya.

Selain itu pihaknya menegaskan, izin usaha juga dapat memudahkan pelaku usaha dalam urusan bantuan permodalan. Karena dalam meningkatkan usaha yang dimiliki, tak terlepas dari tambahan atau dibutuhkan suntikan modal dari perbankan. Sebagai syarat pengajuan kredit modal usaha disyaratkan adanya izin usaha.

“Izin usaha khususnya untuk usaha mikro sangat mudah dan sangat penting, jadi kita himbau untuk pelaku UMKM untuk mengurus ijin usaha cukup foto copy KTP dan KK serta menunjukkan alamat usahanya,” terangnya. (ira)