POS YANDU---Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Posyandu Kabupaten Gianyar, di Balai Budaya Gianyar, Jumat (12/10).

Gianyar (Bisnis Bali) – Untuk lebih meningkatkan dan memperkuat kesadaran akan pentingnya posyandu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)mengadakan Rapat Koordinasi  Daerah (Rakorda) Posyandu Kabupaten Gianyar, di Balai Budaya Gianyar, Jumat (12/10).

Plt. Kepala DPMD Kab. Gianyar Dewa Alit Mudiartha mengatakan, posyandu merupakan bentuk lembaga kemasyarakatan desa yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dalam membangun kesehatan. Terkait hal tersebut kebijakan Pemkab Gianyar di bidang kesehatan adalah meningkatkan peran dan fungsi kader posyandu, termasuk didalamnya masalah insentif.

“Khusus untuk posyandu target utama pelayanan kita adalah mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak, disamping juga memberikan kemudahan kepada masyarakaat dalam memperoleh  pelayanan dasar,” tegas Dewa Alit Mudiartha.

Untuk mendukung kegiatan tersebut diharapkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat, Tim Pokjanal Posyandu kecamatan/desa ataupun kelurahan sebagai lini terdepan. Bahkan dengan diberlakukannya UU No.6 tahun 2014 tentang Desa maka perbekel lewat Tim Pokja Desa dapat menyusun program kerja dengan memanfaatkan dana desa untuk lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan posyandu.

Menurut Kasi. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga DPMD, Ni Wayan Sriani, rapat koordinasi ini bertujuan lebih meningkatkan kesadaran dari pemuka masyarakat, tim pokjanal agar lebih dapat menjalankan fungsinya secara lebih maksimal. Data kegiatan posyandu benar-benar dapat terangkum secara valid. (kup)