Singaraja (Bisnis Bali) – Pengobatan herbal merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional. Pada dasarnya pengobatan tradisional tak didasari oleh teknologi canggih, tapi lebih kepada teknis yang kembali ke alam.

Saat ini pengobatan herbal kian jadi pilihan. Tingginya kesadaran masayarakat dengan gaya hidup berbasis ke alam membuat pengobatan herbal mulai digandrungi masyarakat. Trend back to nature yang mulai berkembang membuat bisnis pengobatan herbal mulai merambah hingga ke pedesaan

Pengobatan herbal cenderung lebih sfesifik pada satu obat untuk satu penyakit. Sebelum dilakukan pengobatan secara menyeluruh. Hal itu diungkapkan Gusti Ayu Putu Oka Sarini dari Wahyu Amerta Herbal belum lama ini.

Dijelaskan, meskipun penggunaan obat kimia tidak dapat dihindari namun produk alami diyakini lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu pengobatan herbal tidak ada efek samping. “Manakala terjadi efek samping pastinya sangat rendah tentu dapat di netralisir kembali,’terangnya. Sejauh ini antusias masyarakat khususnya mereka yang berusia 50 tahun ke atas cenderung memilih pengobatan herbal. (ira)