Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat, LPD Desa Adat Darmasaba, Abiansemal, Badung berupaya membantu memfasilitasi kegiatan yang dilangsungkan desa adat. Berbagai kontribusi dalam kegiatan dianggarkan dari dana sosial yang dikelola secara maksimal.

Kepala LPD Desa Adat Darmasaba, I Made Adi Gunarta, saat ditemui, Jumat (12/10) mengatakan, kontribusi LPD Darmasaba kepada masyarakat selama ini, yaitu santunan kematian sebesar Rp250.000 per masyarakat yang meninggal, dukungan pada kegiatan masyarakat, seperti pembuatan ogoh-ogoh saat jelang Hari Raya Byepi, hingga bantuan-bantuan kecil lainnya.

“Hal itupun diluar dana pembangunan yang diberikan yaitu 20 persen dari laba per tahun untuk mendukung kegiatan masyarakat di desa adat,” ujarnya.

Berbagai program di desa adat merupakan kesepakatan dan ditentukan oleh masyarakat, beberapa diantaranya pun dibiayai oleh LPD. “Jadi kami anggarkan dari dana sosial setiap kegiatan tersebut, yang untuk dana sosial itu, masih kami yang mengelola dan pengaturannya di LPD. Kami maksimalkan dana tersebut untuk kepentingan desa adat,” tegasnya, sembari mengatakan setiap kegiatan yang ada di desa adat, pasti dibantu LPD.

Kepercayaan masyarakat sangat berpengaruh terhadap pengembangan LPD kedepan, sehingga kontribusi atau manfaat LPD untuk masyarakat menjadi hal yang sangat penting dilakukan guna menambah kepercayaan tersebut. Disamping itu, LPD Darmasaba yang telah menempati gedung baru nan megah sejak sekitar satu tahun terakhir ini memberi ketertarikan masyarakat, yang berimbas pada peningkatan aset LPD.

Hingga awal Oktober ini, aset LPD Desa Adat Darmasaba telah mencapai Rp77 miliar. Jumlah dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun LPD, yaitu Rp57 miliar berupa deposito dan Rp13 miliar berupa tabunga. Sementara kredit yang disalurkan mencapai Rp45 miliar.  (wid)