Semarapura (Bisnis Bali) – Transparansi pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Klungkung kembali memperoleh penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. Penghargaan ini merupakan yang ketiga kali diraih Kabupaten Klungkung atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan  dengan capaian standar tertinggi. Capaian ini diperoleh atas penilaian laporan keuangan tertinggi di tahun 2017 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan perolehan penghargaan ini tidak terlepas dari kerja keras dan koordinasi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klungkung dalam mewujudkan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

“Terima kasih kepada semua OPD Pemkab Klungkung, ini merupakan hasil kerja sebuah tim,” ujar Bupati Suwirta usai menerima penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Bali, Dedi Sopandi, Kamis (11/10).

Menurut Bupati, penghargaan bukanlah sebuah tujuan utama. Tetapi capaian ini akan menjadi cemeti, untuk tetap bekerja profesional sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, terkait akrual (metode akuntansi) untuk pengelolaan keuangan di Kabupaten Klungkung akan tetap berusaha untuk ditingkatkan.

“Ke depan harapan kami WTP ini jangan sampai ada catatan,” harap Bupati Suwirta.

Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali, Dedi Sopandi menyampaikan penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang memperoleh opini WTP dari BPK RI terkait laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2017. Kepada Bupati Suwirta, Kakanwil Dedi Sopandi menyebutkan penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diraih oleh Kabupaten Klungkung. “Saya ucapkan selamat atas capaian ini dan ke depan bisa dipertahankan predikat ini, bila perlu ditingkatkan,” ujarnya. (dar)