Pelatihan Analisa Kredit Diharapkan Tekan Risiko Kredit Bermasalah

10

Singaraja (Bisnis Bali) – Di tiap lembaga keuangan sebelum memberikan dana kepada masyarakat yang membutuhkan, lembaga tersebut harus menganalisa terlebih dulu tentang calon penerima dana tersebut.

Analisa kelayakan kredit  menjadi hal yang sangat penting karena dari masa ke masa kredit bermasalah atau kredit macet bisa saja terjadi, sehingga melalui pelatihan analisa kredit kepada pengurus LPD diharapkan dapat menekan atau meminimalisir resiko kredit bermasalah.

Terkait rencana pelatihan analisa kredit ini BKS LPD bersema tim pembina LPD akan melakukan rapat terlebih dahulu untuk menentukan tanggal, baik dengan LP-LPD serta Bank BPD Bali sebagai mitra kerja LPD.

“Kita usahakan pelatihan ini dilaksanakan dalam waktu dekat ini, pengurus inti akan merapat dengan Bank BPD Bali cabang singaraja dan seririt guna persiapan pelaksanaan pelatihan tersebut,” hal itu diungkapkan Ketua BKS LPD Kabupaten Buleleng Made Nyiri Yasa, S.Sos, M.MA belum lama ini.

Hal senada juga diungkapkan A.A Ngurah Agung Bimarthama, ST, MM Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja. Ia mengaku pihaknya sangat mendukung kegiatan pelatihan ini. Karena melihat dari perfoma kredit di LPD saat ini yang masih perlu ditingkatkan, pihaknya pun mengapresiasi langkah–langkah ini untuk menunjukkan kualitas pelayanan di LPD.

“Kalau kita memiliki pengalaman lebih kita akan share ke LPD untuk memperbaiki hal – hal yang belum dilakukan oleh teman – teman LPD terkait resiko – resiko ktredot operasional yang selama ini sudah berjalan di lapangan,”katanya. Pihaknya berharap melalui pelatihan baik LPD atau Bank BPD sebagai mitra kerja dapat menekan kredit bermasalah dapat di atasi, dalam arti risiko kredit dapat dikurangi. (ira)