Tabanan (Bisnis Bali) – Perusahaan Daerah Dharma Santika (PDDS) Tabanan berencana membuka dua usaha baru. Upaya tersebut untuk menggenjot penyerapan produk pertanian di Kabupate Tabanan.

“November mendatang, kami berencana membuka dua usaha baru yaitu warung kopi disebelah kantor PDDS Tabanan dan rumah makan beserta penginapan di kawasan daya tarik wisata (DTW) Bedugul,” tutur Direktur PDDS Tabanan, I Putu Sugi Darmawan, Selasa (9/10).

Langkah tersebut sebagai terobosan baru dalam rangka lebih banyak menyerap produk pertanian di Tabanan. Nantinya, untuk warung kopi yang dinamai D’Sant Cofee Shop dan Resto ini akan menjual kopi, merupakan hasil produksi petani kopi. Imbaunya, selain menjual kopi siap saji, pada usaha warung nanti juga akan di display penjualan beragam produk BUMDes.

Di sisi lain, khusus di usaha rumah makan merangkap penginapan di Bedugul, PDDS Tabanan akan menyewa gedung yang merupakan aset Pemkab Tabanan. Pada usaha tersebut akan disajikan makanan sesuai dengan menyesuaikan pada selera wisatawan yang kerap datang ke obyek wisata itu, dan tentunya bahan baku bersumber dari hasil panen produk pertanian petani di Tabanan.

“Saat ini, terkait pengembangan usaha warung kopi ini, kami sedang mempersiapkan pembangunan gedung. Sementara untuk rumah makan di Bedugul, masih menunggu proses MoU dengan Pemkab Tabanan. Semua rencana itu mudah-mudahan bisa oprasional mulai November nanti,” harapnya.

Tambahnya, persiapan usaha baru tersebut, kini sudah dilakukan dengan telah mengirim tujuh orang karyawan PDDS untuk mengikuti Pelatihan Food and Beverages serta Pelatihan Hous Keeping. Pelatihan tersebut merupakan dari Kementerian Ketenakerjaan RI dan nantinya peserta mendapatkan sertifikasi kompetensi nasional. Selain itu tambahnya, pihaknya juga telah melatih empat orang karyawannya untuk dipersiapkan menjadi Barista Kopi. (man)