Tabanan (Bisnis Bali) – Manajemen Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot tetap akan membuka atau menerima kedatangan wisatawan selama kunjungan delegasi International Monetary faund (IMF) World Bank (WB) yang dijadwalkan berkunjung pada Rabu (10/10) nanti. Meski begitu, sejumlah jalur wisata selama kunjungan delegasi di areal DTW Tanah Lot akan mendapat pengamanan khusus.

“Selama delegasi tersebut berada di DTW Tanah Lot, nantinya akan dilakukan pengamanan khusus, namun tidak diberlakukan sterilisasi kawasan. Artinya, wisatawan yang datang berkunjung ke Tanah Lot tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa,” tutur Manajer Oprasional DTW Tanah Lot, Toya Adnyana, di Tabanan, Senin (8/10).

Paparnya, terkait kunjungan delegasi IMF-WB, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Tabanan terkait pengamanan selama kunjungan. Kapolres Tabanan sudah sempat melakuan peninjauan lapangan terkait jalur-jalur yang akan dilalui oleh tamu dari delegasi IMF-WB ini. Selain itu, juga sudah dilakukan pertemuan dengan pihak Asita sebagai tour leader dari tamu IMF-WB yang datang ke Tanah Lot nantinya.

Nantinya kunjungan delegasi IMF-WB ke DTW Tanah Lot ini akan terbagi menjadi dua gelombang dan masing-masing hanya berada satu jam di kawasan wisata. Gelombang pertama 100 orang yang akan datang pada pukul 10.00 Wita, dan gelombang ke dua dengan jumlah yang sama datang sekitar pukul 14.00 Wita. Kunjungan pertama akan disambut kesenian okokan yang dimulai di depan kawasan dan lanjut menikmati copy morning di wantilan DTW Tanah Lot.

“Sementara untuk kunjungan gelombang ke dua, delegasi IMF-WB ini tetap akan disambut okokan, namun akan ditambah dengan menikmati santap siang di Restoran Dewi Sinta yang terletak di depan kawasan Tanah Lot,” ujarnya.

Terkait pengamanan parkir di kawasan DTW Tanah Lot, para delegasi IMF-WB ini akan disediakan parkir khusus di dekat kantor DTW Tanah Lot. Nantinya, areal parkir akan di blok khusus untuk beberapa bus yang mengangkut para delegasi, termasuk parkir di sekitar kawasan jaba pura yang biasanya untuk parkir umum akan dikosongkan khusus selama sehari kunjungan delegasi IMF-WB ini. (man)