Tabanan (Bisnis Bali) – Peringatan HUT Kota Tabanan ke-525 di Kecamatan Selemadeg Barat (Selbar) diwarnai aksi program sosial “I Have A Dream”. Program ini untuk mewujudkan mimpi atau keinginan seseorang, diutamakan kalangan kurang mampu.

Camat Selbar, I Gede Ketut Suyana Putra dalam kegiatan yang diadakan di Lapangan Umum Surabrata, Minggu (7/10) tersebut mengungkapkan, tahun ini Perayaan HUT Kota Tabanan berlangsung tiga hari, hingga 9 Oktober mendatang.

“Melalui program sosial, kami berusaha mewujudkan keinginan anak-anak yang tidak mampu. Salah satunya memberikan sebuah sepeda kepada Ayu Cahya Dewani, siswa kelas III SD Lalanglinggah yang ditinggal ayah-ibunya,” ujarnya.

Selain itu, tahun ini juga menyelenggarakan pertunjukan baleganjur serta lomba-lomba, pentas seni budaya, pameran, kuliner serta kegiatan menarik lainnya.

Sementara itu, Asisten I Tabanan Wayan Yatnanadi memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan pendukung acara dalam  parade Budaya dan Pesta Rakyat Peringatan HUT Kota Tabanan ke 525 di Kecamatan Selbar. Peringatan HUT Kota Tabanan yang dilaksanakan tiap tahun merupakan salah satu upaya untuk melestarikan, seni budaya khas yang ada serta media bagi para seniman untuk menampilkan kreativitasnya, sehingga budaya dan kesenian lokal tidak tenggelam di bawah dominasi Budaya dan kesenian asing sekarang ini.

Pihaknya menjelaskan, peringatan tahun ini mengambil tema “Kluwung Pertiwi” yang mempunyai makna tanah yang subur dengan penuh keanekaragaman budaya, adat istiadat dan agama untuk mewujudkan masyarakat Tabanan yang sejahtera. Keanekaragaman ini diibaratkan sebagai warna pelangi karena Kabupaten Tabanan dikenal sebagai daerah yang subur dengan panorama alam indah dan keanekaragaman masyarakatnya yang Bhineka Tunggal IKa, serta mempunyai segudang prestasi.

“Agar situasi kondisi dan sinergitas yang telah terbangun dengan baik, antara pemerintah dengan masyarakat khususnya di Kecamatan Selbar ini dapat dipelihara dan ditingkatkan menuju terwujudnya Tabanan yang Sejahtera Aman dan Berprestasi,” tandasnya. (man)