Gianyar (Bisnis Bali) – Melihat banyaknya koperasi di Kabupaten Gianyar, Dinas Koperasi Kabupaten Gianyar menggelar pelatihan manajemen pengelolaan pinjaman dan permodalan bagi Koperasi di Ruang Pertemuan Gedung PLUT Bedulu, Senin (8/10).

Pelatihan sehari tersebut memberikan materi mengenai Pengawasan, Akses permodalan untuk UMKM, Penanganan pinjaman bermasalah, Analisa Kredit serta Manajemen Risiko.

Ketua panitia penyelenggara, Cokorda Istri Darmayanti mengatakan, koperasi di Gianyar jumlahnya sangat banyak.

“Secara Kuantitas jumlah koperasi di Gianyar cukup banyak, namun secara kualitas masih banyak yang harus kita benahi,” nilai Cok. Istri Darmayanti. Untuk menuju koperasi yang berkualitas, semestinya harus mengembangkan kemampuan diri.

Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar, Dewa Putu Mahayasa mengapresiasi pertumbuhan dan perkembangan koperasi di Kabupaten Gianyar.  Pertumbuhan koperasi  menunjukkan kesadaran masyarakat akan manfaat berkoperasi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosialnya.

Mahayasa menekankan perkembangan koperasi seyogyanya diikuti dengan kualitas yang memadai jika ingin tetep bersaing di dunia usaha yang semakin kompetitif.

Ia meyakinkan pengurus koperasi untuk tiada henti meningkatkan kemampuan diri dalam mengelola koperasi. Bank BPD Bali Cabang Gianyar juga turut membantu membangun dan memperkuat kualitas koperasi melalui pelatihan-pelatihan. (kup)