Gianyar (Bisnis Bali) – Mengawali rangkaian kegiatan Darma Bakti Pramuka Kwartir Cabang Gianyar melalui Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar dan Gugus Darma Tridatu melaksanakan ngayah mereresik di Pura Erjeruk, aksi bersih Pantai Purnama, pemeriksaan gratis THT kepada masyarakat dan penyerahan bantuan bibit pohon, Minggu  (7/10).

Aksi bersih pantai dan ngayah mereresik ini adalah wujud dari hadirnya pramuka di tengah masyarakat. “Aksi pada minggu pagi ini adalah komitmen kita untuk terus ada dan berguna bagi masyarakat dan wujud mengamalkan Dasa Darma kedua yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” ungkap Ketua Gugus Darma Tridatu I Made Arya Amitaba.

Acara yang digelar dengan tema Kolaborasi dan Solidaritas ini melibatkan tidak hanya anggota pramuka namun turut serta bersinergi dengan Organisasi Kepemudaan mulai dari Karang Taruna Purna Paskibaka Gianyar, Komunitas Penggiat Lingkungan, PMI, Siswa-Siswi, Aparatur Pemerintah Kecamatan dan Desa, Pekaseh Krama Subak, Kapolsek dan Danramil Sukawati berserta jajaran, PKK dan elemen masyarat desa adat.

Selain acara aksi bersih bersih juga dilaksanakan acara  pengobatan gratis THT oleh para dokter dari RSUP Sanglah dan RSUD Sanjiwani Gianyar bagi lansia dan adik-adik Pramuka Siaga di Wantilan Pura Erjeruk.

Dalam kesempatan ini pula perwakilan peserta melaksanakan acara sembahyang bersama untuk mendoakan saudara-saudara kita yg tertimpa bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Camat Sukawati mengungkapkan apresiasi atas dilangsungkannya kegiatan Darma Bakti Pramuka oleh Pramuka Gianyar ini. “Suatu kegiatan yang terus mesti dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi tentang kepeduliaan lingkungan kepada masyarakat,” ungkap Anak Agung Gde Putrawan.

Setelah melaksanakan aksi kebersihan diadakan acara penyerahan bibit tanaman kepada Kepala Desa, Karang Taruna Desa Sukwati, Pekaseh dan dirangkai dengan pengumpulan donasi Bumbung Kemanusiaan untuk gempa Palu dan Donggala.

Kepala Desa Dewa Gede Dwi Putra mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya acara yang luar biasa ini di Pura Erjeruk dan Pantai Purnama. “Ini langkah nyata pramuka dalam rangka mendukung Program Desa kami menghadirkan Sukawati yang bersih dan sehat,” ucapnya.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar seusai menyerahkan bibit tanaman kepada Kepala Desa dan perwakilan masyarakat menyatakan bahwa Pramuka Peduli ingin terus hadir ditengah masyarakat menularkan semangat cinta lingkungan,” ungkap A.A. Oka Digjaya

Darma Bakti Pramuka adalah kegiatan yang digagas oleh Pramuka Kwartir Cabang Gianyar bersama Forum Purna Pramuka Gianyar yang kini bernama Gugus Darma Tridatu. “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama sama mengikuti kegiatan pada Minggu pagi ini dan mari terus berkolaborasi dalam kegiatan apapun” ungkap Nyoman Aryawan Sekretaris Kwartir Cabang Pramuka Gianyar.

Selain aksi bersih-bersih, selama Oktober akan dilaksanakan juga kegiatan edukasi yaitu Seminar Kesetaraan Gender bagi Millenial bekerjasama dengan Yayasan Bali Sruti. Kegiatan Pramuka Menginspirasi inj digagas Gugus Darma Tridatu bersama dengan BPR Kanti. (kup)