MATERI BIMTEK - Kasi Pemberdayaan Industri Chairul Azhar, BSc. menyerahkan materi bimtek kepada peserta.

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah Kota Denpasar berkomitmen menciptakan wirausaha baru sebanyak-banyaknya. Dengan bertumbuh wirausaha baru dapat mendorong perekonomian Kota Denpasar. Bukan hanya mencetak wirausaha baru, tapi dilakukan pembinaan agar menjadi pelaku usaha yang handal. Baru-baru ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar melaksanakan Bimbingan Teknis dan Kewirausahaan IKM Pembuatan Paving Block.

Kegiatan ini diikuti 20 pelaku usaha pemula selama lima hari di Hotel Golden Tulip Denpasar. Kegiatan Bimtek dibuka Plt. Kadis Perindag Kota Denpasar, Ir. IB Anom Suniem, M.M. Hadir pula Kasi Pemberdayaan Industri Subdit Barang dan Kayu Furnitur, Chairul Azhar BSc., yang mewaklili Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka Kerajinan Kementerian Perindustrian RI.

IB Anom Suniem menilai, pelaku industri kecil dan menengah (IKM)mampu berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi. Untuk mempertahankan dan pengembangan usaha ekonomi rakyat sangat dibutuhkan ketersediaan wirausaha baru yang handal dan tangguh serta unggul.

Menurutnya sektor industri yang merupakan salah satu penunjang perekonomian Kota Denpasar harus fokus menggarap ekonomi kreatif dengan memanfaatkan teknologi informasi . Untuk itu pelaku usaha dan tenaga kerja harus memiliki jiwa wirausaha agar mampu bersaing.

”Kewirausahaan merupakan langkah meningkatkan kualitas dan kemampuan serta profesinalisme SDM industri. Tenaga karja dapat menerapkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai serta mencapai standar kerja dan target yang telah ditentukan. Pentingnya penerapan dan peningkatan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap prilaku yang diwujudkan dalam memberi kesempatan tumbuhnya sistem ekonomi yang memiliki daya saing,” tegasnya.

Ia mengakui fakta menunjukan bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah dorongan dari wirausaha. Karena itu pemberdayaan wirausaha kecil, industri kecil dan menengah menuju kemandirian melalui pembinaan kewirausahan dengan harapan para IKM pemula mampu mengelola manajemen  dan keuangannya dengan baik. (sta)