Treatment Lymphatic Boreh di Ubud Bodyworks Centre

Gianyar (Bisnis Bali) – Bali sebagai destinasi wisata dunia memiliki fasilitas unggulan untuk menambah ketertarikan wisatawan, salah satunya Spa. Inovasi perawatan (treatment) yang ditawarkan industri Spa pun beragam, seperti lymphatic dengan media boreh (lulur).

Boreh yang terbuat dari beragam jenis rempah-rempah dan memiliki fungsi menghangatkan tubuh ini biasanya digemari lanjut usia. Di tengah perkembangkan teknologi saat ini,  gaya hidup back to nature justru menjadi tren dalam pola hidup masyarakat modern. Seperti halnya boreh menjadi salah satu treatment yang digemari pasar spa internasional.

Salah satu industri spa di Bali yang menyediakan treatment boreh yaitu Ubud Bodyworks Centre, yang terletak di Jalan Hanoman, Ubud, Gianyar. Corporate Spa Manager Ubud Bodyworks Centre, Alni Rahayu, saat ditemui, Minggu (7/9), mengakui spa boreh menjadi salah satu andalan yang sangat digemari wisatawan asing, terutama Eropa yang menjadi dominasi pengunjung di tempatnya.

“Selain karena fungsinya sebagai treatment kesehatan,  produk boreh diminati karena terbuat dari rempah-rempah khas Bali,” jelasnya.

Lymphatic treatment merupakan salah satu perawatan spa yang menggunakan boreh sebagai bahan dasar yang disebutnya Lymphatic Boreh. Sesuai namanya,  treatment ini berfungsi untuk mengaktifkan fungsi limfa pada tubuh manusia.

“Dengan aktifnya fungsi limpa ini,  maka sistem kekebalan tumbuh tidak terganggu,” jelasnya, sembari mengatakan, fungsi limfa adalah untuk membersihkan dan menyimpan sel darah merah,  serta mengenali dan menyerang patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Treatment ini menggabungkan pemijatan dengan menggunakan sistem limfatik yakni suatu sistem sirkulasi pemijatan sekunder dengan menggunakan lulur boreh organik yang terbuat dari rempah-rempah khas Bali. Treatment ini berlangsung mulai 45 menit hingga 2,5 jam.

Diawali pemijatan dengan baluran kelapa murni, selanjutnya tubuh wisatawan dibaluri boreh hingga kering. Proses ini memberikan efek hangat di dalam tubuh sehingga bisa memperlancar peredaran darah. Boreh yang digunakan adalah yang terbuat dari beragam jenis rempah-rempah,  seperti jahe, cengkeh, kapulaga, pala, kunyit, kencur dan menggunakan beras merah. Seluruh bahan diproses secara manual. (wid)