Tak Bertransaksi di Gardu Tol, Rombongan IMF-WB Gunakan Jalur Khusus

13

Mangupura (Bisnis Bali) – Menyambut perhelatan internasionail International Monetary Fund-World-World Bank Annual Meeting (IMF-WB AM) 2018, pihak Jasamarga Bali Tol (JBT) menyediakan dua lajur khusus di setiap gerbang tol untuk rombongan VVIP, delegasi dan panitia. JBT juga tidak memberlakukan transaksi di gardu tol namun dengan syarat dan pengaturan khusus.

“Selebihnya, Jalan Tol Bali Mandara beroperasi seperti biasa untuk umum dengan transaksi normal. Itu sebagai salah satu bentuk dukungan JBT terhadap kelancaran even tersebut sekaligus Bali sebagai tuan rumah,” kata General Manager Operasional JBT, Ahmad Izzi, di Nusa Dua.

JBT juga minta dukungan kepada masyarakat luas untuk turut menyukseskan acara AM 2018 ini. “Kami harapkan masyarakat bisa memberi jalan atau mendahulukan rombongan,” ujarnya.

JBT juga sudah secara intensif melakukan koordinasi dengan Polda Bali dan Dinas Perhubungan Provinsi Bali demi kelancaran di jalan tol selama konferensi tingkat dunia berlangsung.

Selama ini JBT telah mempersiapkan dan meningkatkan kapasitas sumber daya operasional jalan tol untuk kelancaran para delegasi dan pengguna jalan tol lain. Beberapa di antaranya menyiapkan Satgas Khusus untuk memperlancar transaksi di Gerbang Tol, khususnya bagi panitia dan delegasi. Melakukan inspeksi dan perawatan rutin terhadap peralatan tol di seluruh gerbang tol.

Melakukan pembersihan dan perapihan terhadap sarana layanan transaksi hingga menyediakan mobile reader sebagai sarana untuk mempercepat transaksi/mengurangi antrian di gerbang tol. Terkait layanan lalu lintas dengan melakukan peremajaan rambu lalu lintas dan marka jalan. Menyiapkan sarana layanan lalu lintas yang siaga 24 jam terdiri dari unit kendaraan patroli lajur mobil berupa 1 unit kendaraan Patroli Lajur Motor, 1 unit ambulance lengkap dengan petugas paramedis.1 unit kendaraan dan peralatan rescue. 2 unit derek (besar dan sedang).

JBT juga menyediakan sarana komunikasi dan CCTV yaitu 56 unit CCTV di jalur yang bisa dipantau melalui ruangan sentral komunikasi. “Khusus untuk fasilitas pemantauan via CCTV ini, \kami telah bekerja sama dan mensuport tim IT Polda Bali sehingga gambar CCTV yang terpasang di akses dan Jalan Tol Bali Mandara bisa juga di pantau melalui Command Room Polda Bali,” jelasnya.

Selain itu radio komunikasi atau HT dan radio trunking bagi petugas dan kendaraan operasional mencapai 40 HT dan 10 radio trunking. (dik)