Teknik Budidaya Abiu Tergolong Sederhana

1375

Denpasar (Bisnis Bali) –¬†Budidaya tanaman buah Abiu tergolong sederhana dan tidak membutuhkan perawatan lebih. Pada umur 2-3 tahun tanaman Abiu dari biji, mulai belajar berbunga dan berbuah.

Sebelum budidaya dilakukan perlu ditentukan titik tanam dan jarak tanam yang ideal yaitu 4 x 4 m. “Setelah penentuan titik tanam buat lubang tanam 60 x 60 x 60 cm. Tanah galian dulu bagian atas sekitar 30 cm (top soil) dan pisahkan tanahnya,” tutur Ir. Yayuk Suryati, dari Dira nursery, dikawasan Sanur Denpasar.

Top soil kemudian dicampur dengan 20 kg pupuk kandang, sedangkan sub soil dicampur dengan 30 kg pupuk kandang. Biarkan lubang tanam terbuka selama 1 minggu untuk menguapkan gas-gas beracun dan agar mikroorganisme di dalamnya mati. Setelah itu lubang ditutup kembali dengan membalik posisi tanah top soil di bawah dan sub soil di atas agar kesuburan tanah lebih merata.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan. Bibit Abiu yang berumur 6-7 bulan sudah dapat langsung ditanam pada lubang tanam yang telah disiapkan.

Abiu banyak membutuhkan air sepanjang hidupnya. Bila tanah disekelilingnya mulai kering dan kertas, merupakanmerupakan tanda bila tanaman perlu disiram. “Abiu memang selalu butuh air, tanaman ini kurang menyukai air tergenang. Jadi drainase harus baik,” tukasnya . Kekurangan air pada waktu tanaman berbunga atau berbuah dapat menyebabkan bunga atau buah berguguran. Pemberian air yang baik dan teratur akan menghasilkan buah yang banyak.

Selain penyiraman, penyiangan juga harus dilakukan untuk membersihkan gulma yang dapat mengganggu tanaman serta serangan dari hama dan penyakit. Pemeliharaan lainnya adalah pemangkasan untukmerangsang pertumbuhan dan memudahkan pemanenan serta mengurangi batang-batang tanaman yang dapat menimbulkan hama dan penyakit.

Setelah tanaman akan berbuah harus dibungkus, untuk melindungi buah dari serangan lalat buah serta meningkatkan kualitas buah karena buah yang dibungkus lebih cepat besar, warna kulitnya lebih cerah, dan memiliki rasa lebih manis. “Buah dengan ukuran¬† 4-6 cm bungkus dengan plastik putih ukuran 3 kg. Buah siap dipanen setelah berumur 2 bulan,” tukasnya. Tanaman Abiu dapat di panen 2-3 kali dalam setahun. (pur)