Kadiskop Tabanan Bantah Penyelesaian Kasus Koperasi Sari Ajeg Mandiri Mandeg

25

Tabanan (Bisnis Bali) – Kepala Dinas Koperasi (Kadiskop) dan UKM Kabupaten Tabanan, AA., Gede Dalem Trisna Ngurah, S. Sos membantah penyelesaian kasus koperasi Sari Ajeg Mandiri mandeg. Koperasi Sari Ajeg Mendiri ini diduga telah melakukan penipuan kepada nasabah, sehingga mengakibatkan kerugian nasabah mencapai miliaran rupiah.

“Hingga saa ini proses penanganan kasus koperasi Koperasi Sari Ajeg Mendiri ini masih berjalan,” tegas Dalem Trisna, di Tahanan, Kamis (4/10).

Meski lebih setahun sejak operasional koperasi tersebut dibekukan, namun penyelesaian terkait kasus tersebut masih berjalan hingga kini. Bercermin dari pengalaman sebelumnya, untuk menyelesaikan kasus, salah satunya penipuan nasabah seperti yang dilakukan oknum manajemen Koperasi Sari Ajeg Mandiri ini memang tak bisa dipastikan sampai kapan batas waktu, termasuk juga kepastian pengembalian dana nasabah.

“Karena memang penyelesaian kasus tersebut tidak semudah seperti yang dibayangkan. Bercermin dari itu pula, sebelum dana nasabah yang dihimpun bisa dikembalikan pihak manajemen, maka koperasi bersangkutan tidak kami cabut badan hukumnya,” ujarnya.

Penyelesaian kasus koperasi tersebut, semua diserahkan atau tergantung dari manajemen koperasi bersangkutan. Itu sesuai dengan asas koperasi yakni kekeluargaan dan gotong royong. Meski begitu, pihaknya selalu melakukan pemantauan terkait proses penyelesaian kasus tersebut selama ini.

“Penyelesaian kasus tersebut, kami serahkan upayanya baik itu dari sisi pengelola¬† maupun dari¬† sisi anggota. Tapi, kami akan infokan lagi nanti, apabila ada perkembangan penanganan kasus itu nanti,” janjinya. (man)