Ini Olahan Ikan Trinjang yang Digemari Pelanggan Warung Tepi Pasih

7

Denpasar (Bisnis Bali) – Hidangan kuliner dewasa ini sangat beragam. Mulai dari yang paling mewah hingga menu rumahan yang dijual dengan harga terjangkau. Seperti yang ditawarkan Warung Tepi Pasih, yang berlokasi di Jalan Tukad Punggawa Serangan Denpasar ini.

Letak rumah makan yang dekat dengan areal pantai tentu akan menawarkan menu sea food yang menjadi andalan warung makan milik Ni Wayan Miyasti atau yang akrab di sapa Miu ini.

Tiga tahun mengelola rumah makan membuatnya hafal betul apa yang menjadi selera langganannya. Salah satu menu yang selalu laris jelang sasih kapat adalah olahan ikan trinjang. “Ikan ini sifatnya musiman, nggak seperti ikan lainnya. Jelang sasih kapat, ikan ini akan melimpah, namun setelah lewat sasih kapat ikan ini tak akan ditemui lagi khususnya di perairan serangan. Karenanya setiap musimnya tiba olahan ikan trinjang ini banyak yang mencari,” ungkap Wayan Miyasti.

Mengolah ikan trinjang sangat gampang, karena tergolong ikan kecil dan untuk rasa pasti enak dan gurih. “Kalau di warung tepi pasih, olahan ikan trinjang yang paling banyak dicari adalah dimasak rumahan, alias ikan hanya digoreng biasa lalu dibumbu sambel embe atau sambel bawang goreng khas bali,” tambahnya.

Olahan sederhana ini justru membuat rasa ikan menjadi istimewa. Selain digoreng kering sambel embe, ikan trinjang juga bisa dipepes. Hanya rasanya akan berbeda, karena ukuran ikan kecil orang lebih suka jika di goreng kering.

“Satu porsi ikan trinjang ini dijual dengan harga Rp45 ribu, itupun penikmatnya harus list order dulu, ini karena jumlah ikan tidak menentu, kadang dapatnya banyak hingga melimpah ruah tapi kadang sangat terbatas sekali,” ujarnya.

Selain bisa menikmati dengan datang ke warung miliknya, menu musiman ini juga dijual secara on line. Hal ini dilakukan untuk mensiasati pelanggan yang tidak sempat datang langsung dam ingin menikmati masakan rumahan buatannya.

Saat ini keberadaan ikan trinjang masih berlimpah, dan pesananpun sangat banyak meski kadang tidak semua pesanan pelanggan terpenuhi. Penasaran dengan rasanya segera kunjungi warung tepi pasih di kawasan Serangan Denpasar, atau follow instagramnya, FB atau akunt medsoa lainnya. (ita)