Semarapura (Bisnis Bali) – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengancam memberi sanksi kepada pengurus cabang olahraga (cabor) yang lembek. Bupati juga tak segan-segan mengganti pengurus atau pelatih yang melatih anak buahnya tak rutin atau melatih senin kamis. Hal tersebut ditegaskan Bupati Suwirta di hadapan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Klungkung, pelatih dan atlet saat latihan bersama di GOR Swecapura, Gelgel, Minggu (30/9).

“Bagi pengurus yang lembek, yang latihan senin kamis ganti saja, tidak ada tempat lagi,” tegas Bupati Suwirta.

Bupati asal Nusa Ceningan ini minta kepada Ketua KONI Klungkung I Wayan Subamia segera melakukan evaluasi semua cabor. Apabila ada yang tak aktif segera dilakukan rasionalisasi.

“Saya berikan waktu sampai 31 Desember 2018 harus clear (bersih) semua. Kalau tidak, bisa saja ada sanksi lain,” ucap Suwirta.

Prestasi atlet, menurut Bupati tak turun begitu saja, semua memerlukan proses yang panjang. Peran manajemen (KONI) sangat penting untuk keberhasilan sebuah proses, di samping komitmen atlet itu sendiri. Selain itu, masing-masing pengurus cabor juga ditugaskan untuk bisa merancang dan mengadakan even olahraga tiap bulannya.

“Yang terpenting adalah kekompakan teamwork dan komitmen kita semua,” tegasnya.

Latihan bersama merupakan agenda rutin yang dilaksanakan KONI Klungkung untuk meningkatkan performa atlet dan pelatih. Menurut Ketua KONI Klungkung, I Wayan Subamia, latihan bersama ini dalam rangka persiapan untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2019 di Tabanan.

“Kita rutin setiap bulan berkumpul untuk mengadakan tes-tes yang sudah disiapkan, sehingga performa atlet pada September 2019 bisa mencapai puncaknya,” ujar Subamia.

Selain latihan bersama, kiat-kiat lainnya yakni masing-masing cabor akan melakukan penambahan terkait program-program yang kurang atau perlu dilakukan untuk perkembangan atlet itu sendiri.

“Masing-masing cabor apa yang kurang akan kita tambah, apakah dengan try in, try out, event atau sparing partner,” sebutnya. (dar)