PESONA NUSA DUA - Rangkaian penampilan seni dan budaya dalam even festival Pesona Nusa Dua Fiesta 2018.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pelaksanaan festival Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 diakui untuk menggaungkan dan menggaet wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kemenpar RI I, Prof. I Gde Pitana, Sabtu (29/9) menilai, Nusa Dua Fiesta ini bagian investasi pariwisata untuk menggerakkan wisman ke Bali.

Di Indonesia banyak gelaran festival seni budaya. Seperti di Banyuwangi dan Jember yang rutin menyelenggarakan kegiatan festival sehingga destinasi ini mulai banyak dikunjungi wisatawan. Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 ini juga merupakan sebuah investasi. Ini akan berdampak positif bagi destinasi Bali atau Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung

Dampak festival secara tak langsung bisa dirasakan setelah pelaksanaan festival. Nusa Dua kini menjadi ikon pariwisata dan jendela pariwisata Bali. Ia menyampaikan, konsistensi pelaksanaan sebuah festival merupakan suatu keharusan. Pelaksanaan festival di Nusa Dua sudah memenuhi standar internasional. Nusa Dua mampu menggerakkan potensi lokal.

Gde Pitana meyakinkan Nusa Dua patut berbangga karena kawasan Nusa Dua merupakan centre point dalam pembangunan pariwisata Bali maupun Indonesia secara umum.

“Nusa Dua selalu menjadi tempat penyelenggaran event Internasional yang sangat bergengsi salah satunya dalam waktu dekat adalah IMF-WBG 2018 Oktober mendatang,” tuturnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA. Gede Yuniartha Putra, event promosi melalui festival pesona nusa dua fiesta diharapkan dapat menjadi sebuah investasi. Ini dikarenakan dampaknya sangat positif bagi daerah penyelenggara secara langsung. Festival di Bali khususnya lebih didasarkan pada budaya.

Ia menilai pelaksanaan festival ini memberikan  daya tarik tersendiri dibanding dengan pelaksanaan festival di daerah lain. Ini dikarenakan Nusa Dua menjadi ikon pariwisata Bali.

Tahun ini Pesona Nusa Dua Fiesta mengusung tema Quintessentially Indonesia, guna menunjukkan keaslian bangsa Indonesia. Pesona Nusa Dua Fiesta kali ini digelar pada 28 – 29 September 2018 dan dilanjutkan 30 September dinihari dengan Mandiri International Badung Night Run 2018.

Selama dua hari, sederatan musisi ternama Indonesia akan menghibur pengunjung Pesona Nusa Dua Fiesta 2018, seperti Aderaprabu Lantip Trengginas, GIGI, Ginda Bastari dan lainnya. (kup)