Denpasar (Bisnis Bali) – Dengan aktif menjadi peserta pameran, pelaku usaha kecil dan memengah (UKM) dapat saling menukar informasi produk. Adanya saling tukar informasi dapat meningkatkan daya saing. Selain itu juga bisa memperluas pasar.

Hal ini diegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, S.E.,M.M., Jumat (28/9) saat membuka Tehnical Meeting Bazar UKM (Pasar Murah UKM) yang dilaksanakan hari ini Sabtu (29/9)  hingga  Minggu (30/9) di Lapangan Niti Mandala Renon.

Dengan saling tukar informasi dapat menambah pengalaman para UKM membuat produk yang berdaya saing tinggi. Dengan mengetahui keunggulan produk yang diminati pasar akan mendorong bagi pelaku UKM berbuat yang sama bahkan bila perlu mampu memproduksi melebihi produk yang ada.

”Dengan ikut menjadi peserta pameran kami yakin mampu menambah pengalaman. Bahkan dengan aktif menjadi peserta pameran dapat mengkerek promosi. Dengan semakin dikenal masyarakat maka peluang mendapatkan pelanggan lebih banyak. Jika terbukti maka usaha UKM akan berkembang atau naik kelas. Dari kelas mikro akan menjadi usaha skala kecil. Yang yang skala kecil akan menjadi usaha menengah dan seterusnya,” kata Gede Indra Dewa.

Untuk mendorong perkembangan UKM dengan memfasilitasi pelaksanaan pameran dalam satu bulan dua kali dengan satu kali pelaksanaan selama dua hari.

“Kami selalu mendukung kegiatan ini dalam rangka penguatan daya saing UMKM. Sehingga akses pasar bisa diperluas melalui pengenalan produk dan penjualan langsung. Kami rutin mempasilitasi kegiatan ini, karena membawa  manfaat yang  besar dirasakan peserta (UMKM)  berupa peningkatan produksi  serta  volume usaha,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Hipakenaa I Gst. Ngr. Gde Raka Arsana Putra, S.E., menambahkan, Pasar Murah UKM sudah berjalan satu tahun yang difasilitasi pemerintah Bali melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi. Pesertanya sebanyak 30 UMKM yang memiliki usaha kuliner, fasyen, kerajinan, herbal dan lainnya. Selain peserta yang akan memajang produk unggulannya juga untuk memeriahkan kegiatan ini akan dilaksanakan berbagai lomba.

“Melalui Pasar Rakyat kita tingkatkan daya saing para ukm agar bisa naik kelas. Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya bagi pelaku UMKM,” jelasnya. (sta)