Semarapura (Bisnis Bali) – Atlet Klungkung kembali unjuk prestasi di tingkat nasional. Kali ini, Luh Made Budiartini Bandem dan Putu Gatot Putra Wibawa yang mewakili Bali di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Yogjakarta. Kedua atlet yang meraih medali ini bertemu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang kerja bupati, Jumat (28/9).

Luh Made Budiartini Bandem (11), siswa kelas 6 di SD 1 Semarapura Tengah ini berhasil mengoleksi medali emas di cabang olahraga renang 100 meter gaya bebas dan 50 meter gaya kupu-kupu. Sementara medali perak juga diraihnya di nomor 50 meter free style/bebas.

Joni, orang tua Budiartini mengatakan, untuk menghadapi ajang ini anaknya berlatih dua kali sehari di kolam renang Srinadi Klungkung dan Dharmapala Denpasar di bawah naungan klub Takahide. Sementara itu Putu Gatot Putra Wibawa (14), siswa kelas 8 SMPN 2 Banjarangkan berhasil meraih medali perunggu setelah turun pada tri lomba atletik, yakni nomor lari 60 meter, lompat jauh, dan tolak peluru.

Bupati Suwirta menilai, diraihnya sejumlah prestasi dan lolosnya sejumlah atlet Klungkung di tingkat Asia menunjukkan daerah ini memiliki potensi dalam melahirkan atlet yang luar biasa.

“Berkaca pada sejumlah prestasi yang telah diraih kita sebenarnya bisa menjadi luar biasa. Namun selama ini kita hanya melakukan dengan biasa saja. Untuk itu mulai sekarang semua pihak terkait termasuk sekolah akan kita koreksi, jangan sampai anak-anak  dengan potensi luar biasa menjadi biasa saja,” ujar Suwirta.

Konsep latihan dan motivasi harus segera diperbaiki serta mindset para guru oleh raga juga turut diubah. Para guru juga diminta tak terlalu memaksakan siswanya berprestasi di bidang akademik dan olahraga.

“Selamat karena telah berhasil mengharumkan nama Klungkung dan Bali. Tetaplah rendah hati, namun semangat tanding harus terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Klungkung Wayan Subamia mengatakan, untuk meningkatkan prestasi dan minat di bidang olah raga, sejumlah program pun telah dijalankan. Di antaranya, atlet yang mampu berprestasi minimal di tingkat provinsi akan mendapat bonus khusus dari KONI.

Selain itu KONI akan mensuport atlet yang ingin berlatih tanding baik di dalam maupun luar negeri. Atlet berprestasi juga akan diberikan beasiswa mulai dari SD hingga ke perguruan tinggi. “Saya harap semua program ini bisa memajukan prestasi olah raga dan harumnya nama Kabupaten Klungkung,” harap Subamia. (dar)