Singaraja (Bisnis Bali) – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah menjadi suatu yang sangat dibutuhkan tiap individu. Dengan teknologi modern dapat mendorong masyarakat lebih kreatif dan inovatif di bidang entrepreuneurship. Dukungan teknologi modern dan canggih menjadi salah satu dukungan untuk memulai dan mengembangkan bisnis di era digital sehingga dapat bersaing dalam industri pasar global.

Strategi cerdas itu juga yang sedang digaungkan di seluruh Bali. Melalui roadshow Media Harian Bisnis Bali bekerjasama dengan STIKOM Bali dan Pemkab Buleleng dalam menciptakan jiwa kreatif, cerdas dan inovatif sehingga dapat menelurkan ide – ide bisnis yang baru dengan dukungan teknologi. Seminar sehari ini diselenggarakan di Gedung Laksmi Graha Rabu (26/9) pagi.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST yang membuka kegiatan seminar sehari dan dihadiri sekitar 200 orang dari UKM, UMKM, Koperasi, LPD dan peserta umum lainnya.  Sebagai narasumber hadir Aditya Santana CEO BUKALOKA, I Made Sarjana, SE, MM Komisaris Utama PT. MBC, I Made Marlowe, M.W.B,B.Bus Wakil Ketua Yayasan WDS, Dr. Dadang Hermawan Ketua Stikom Bali, Made Nyiri Yasa, S.Sos, M.MA Ketua BKS LPD Kabupaten Buleleng. Turut hadir dalam kesempatan itu  Koordinator LP-LPD Provinsi Bali, Ketua BKS LPD Provinsi Bali.

Ketua STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan mengatakan, era digital saat ini sudah merambah ke segala sektor  tak dapat dipungkiri mampu memberikan pengaruh besar pada dunia bisnis dan wirausaha serta dunia sosial, pendidikan dan pemerintah. Melalui seminar ini para pelaku usaha kecil menengah hingga besar diharapkan harus masuk ke dunia digital.

Karena dengan digital dapat memperluas market pasar menjadi lebih besar, ukuran pasar hingga perluasan konsumen tak hanya di Buleleng juga dunia. Sehingga dengan demikian dapat berkembang lebih besar lagi.

Hal senada juga di ungkapkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Pihaknya menyampaikan apresiasi terhadap  kegiatan ini yang menjadi salah satu kegiatan positif  memberikan informasi kekinian tentang upaya berwirausaha dalam era digital ini.  Diharapkan melalui kegiatan ini peran media sosial dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat memberikan edukasi yang cepat kepada rekan – rekan pengusaha agar bisa dikembangkan lebih luas.

“Tentu saya ucapkan terimakasih kepada Media Harian Bisnis Bali Kelompok Media Bali Post yang telah melakukan kegiatan yang cukup positif ini,”ungkapnya.

Sementara itu Pimpinan Umum Media Harian Bisnis Bali Ni Nengah Srianti menjelaskan, melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan di bidang terkait. Sehingga mampu termotivasi untuk terjun sebagai wirausaha – wirausaha yang siap maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan global. Karena bagaimanapun juga di era digital saat ini seorang wiraswasta tidak cukup dengan menjual produksi barang dan jasa tanpa diikuti pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi. (ira)