Singaraja (Bisnis Bali) – Di era digital ini khususnya untuk dunia bisnis terbilang cukup membantu dan sangat mudah menjadi salah satu pendukung pencetak wirausaha – wirausaha baru. Lalu seberapa penting era digital dalam dunia bisnis ??

Manager Director Moritz Logistics Indonesia Made Herry Erika Sedana dalam seminar sehari yang diselenggarakan Media Harian Bisnis Bali bekerjasama dengan LKP Salon Agung dan Pemkab Buleleng Kamis (27/9) menilai, era digital menjadi garda terdepan di dunia. Khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga yang berbisnis, karena seberapapun kecilnya hasil dari bisnis rumah tangga berkat adanya teknologi digital akan sangat membantu keuangan keluarga.

Meskipun tak dapat dipungkiri, ibu-ibu yang ingin berbisnis atau berwirausaha sering terkendala modal atau tempat hingga akses pasar. Padahal sejatinya hal-hal kecil di sekitar kita bisa menjadi peluang usaha. Oleh karena itu mengapa dikatakan pentingnya teknologi karena semakin canggihnya teknologi justru jauh lebih mudah untuk ibu rumah tangga dalam menjalankan bisnis yakni bisnis online.

Tak memerlukan tempat atau modal besar, hanya dari sebuah gadget, komputer atau handphone di mana hampir semua ibu-ibu rumah tangga mampu menggunakan handphone hingga mengakses media sosial tentu bisa dimaksimalkan untuk berbisnis.

“Tahap pertama bisa dengan menggunakan media sosial, atau sampai mengarah pada market place,”katanya.

Ada banyak jenis usaha yang cocok untuk kalangan ibu-ibu, yakni  menjual produk yang dibutuhkan sehari-hari.  Seperti usaha tata rias, ada banyak sekali bisnis tata rias yang bisa dilakukan di rumah menawarkan jasa merias wisuda, sanggul dan lainnya.

Sehingga dengan ilmu tata rias hasil mengikuti pelatihan atau workshop seperti saat ini dapat memunculkan ide bisnis baru bagaimana dengan ilmu yang dimiliki bisa membuka jasa tatarias wajah dan rambut dari rumah.

“Ada banyak jenis usaha dengan modal bahkan tanpa modal bagaimana sekarang kita open mind, jalin relasi yang banyak hanya dengan menggunakan gadget atau handphone,” jelasnya.

Bisnis lainnya adalah produk fashion, aksesories, makanan dan lainnya  dimana item – item tersebut yang paling mudah digerakkan oleh ibu – ibu yang melakukan bisnis online dari rumah tangga dan paling banyak dibutuhkan masyarakat.

Diungkapkannya, justru saat ini ibu – ibu jauh lebih antusias menyambut era digital bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Dan memiliki akses yang jauh lebih luas untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan di era digital saat ini. Dengan itu dapat membangun pengembangan keluarganya sendiri. (ira)