BANGLI (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE, Jumat (21/9) membuka Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan yang diikuti empat Tim Penggerak PKK desa. Acara yang digelar di lapangan Kantor Bupati Bangli, juga disaksikan oleh Dandim 1626 Bangli Letkol. Cpn. Andy Pranoto, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Ida Ayu Giri Putra, perwakilan Polres Bangli dan pimpinan OPD terkait.

Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, mengingat wilayah kita yang begitu luas dan kekayaan alam yang begitu melimpah, tantangan yang dihadapi bangsa kita sangatlah besar. Baik tantangan dari dalam maupun dari luar. Untuk itu, ia berpesan, penting untuk kita selalu bersatu padu serta menumbuhkembangkan rasa cinta pada tanah air, rasa bela negara, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Komitmen pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo dalam menjaga kedaulatan bangsa ini tidak perlu diragukan lagi. “Penguasaan asset vital, baik freeport dan sebagainnya, menunjukkan bahwa kita ingin berkuasa di republik yang tercinta ini,” serunya.

Di tengah kemajuan teknologi, peredaran berita benar dengan hoax kwantitasnya sangat berimbang. Untuk itu ia minta masyarakat lebih jeli membaca dan menyebarkan berita. Sebelum disebarkan harus dipastikan dulu sumber dan kebenaranya.

“Saya minta masyarakat lebih jeli dalam membaca dan menyebarkan berita. Jangan sampai kita ikut menyebarkan berita hoax yang rentan menimbulkan perpecahan. Sebelum disebarkan, harus dipastikan dulu isi berita dan sumbernya,” pintanya.

Terkait pelaksanaan LCC Wawasan Kebangsaan ini,  Wabup Sedana Arta berharap kader PKK bisa menjadi duta di tiap desanya dan bisa menyebarluaskan ke seluruh pelosok Kabupaten Bangli, agar masyarakat makin mencintai NKRI.

Sementara itu panitia penyelenggara, Drs. I Nengah Sukarta mengatakan, peserta dari LCC Wawasan Kebangsaa ini adalah PKK terbaik dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Bangli. Kecamatan Bangli diwakili oleh PKK Desa Tamanbali, Kecamatan Susut diwakili oleh PKK Desa Abuan, Kecamatan Kintamani diwakili oleh PKK Desa Abang Songan dan Kecmatan Tembuku diwakili oleh PKK Desa Jehem.

LCC Wawasan Kebangsaan ini dibagi menjadi empat babak, yakni babak adu yel, babak pro dan kontra, babak rebutan satu lawan satu dan babak benar salah. Pada lomba ini, PKK Desa Jehem Tembuku perwakilan Kecamatan Tembuku dengan total nilai 245 meraih juara, meyisihkan PKK Desa Abang Songan yang menjadi peringkat dua dengan nilai 216, PKK Desa Taman Bali dengan nilai 213 dan PKK Desa Abuan dengan nilai 181. (ita)