SALAH satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan seorang dosen adalah pengabdian. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada Usaha Olahan Kacang untuk oleh-oleh khas Bali  merupakan salah satu hibah Dikti yang diajukan Ni Made Dwi Puspitawati, SE., MM sebagai ketua tim serta anggota I Made Hendra Wijaya, SH., MH  dan Ida Ayu Putu Utami Paramita, SE., M.Si.

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) mendanai kelompok usaha yang teridiri dari usaha kacang disco Kecak Mama yang dimiliki Gede Sumerta di Jalan Siulan, Denpasar, Bali dan usaha kacang Surya Bali dengan pemilik Nengah Sulatra di Desa Nyanglan, Kabupaten Bangli.

Pemasaran kacang Surya Bali hingga saat ini sudah meluas hingga ke toko Oleh-oleh Khas Bali dan Bandara Internasional Ngurah Rai di keberangkatan Domestik. Sementara itu, pengusaha mitra kedua yakni Kacang Disco Kecak Mama yang juga bergerak di bidang yang sama yaitu pengolahan kacang, hingga kini memiliki berbagai varian rasa yakni original, super pedas, keju, barbeque, pizza, cumi, udang, ikan bakar, susu telur madu, dan sari kedelai.

Hasil produk olahan kacang ini juga sudah terdaftar di Departemen Kesehatan. Sejauh ini Kacang Disco Kecak Mama dapat ditemui di beberapa pasar tradisional yang ada di Bali maupun di toko oleh-oleh Khas Bali.

Permasalahan yang umum terjadi pada kebanyakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah keterbatasan modal untuk menjalankan dan mengembangkan usaha mereka baik dari segi alat produksi hingga pemahaman mengenai manajemen perusahaan. Hal tersebut juga dialami kedua mitra usaha ini.

Beberapa kegiatan yang dilakukan tim pengabdian UNMAS Denpasar berupa penyerahan alat-alat produksi seperti spiner, alat gilingan bumbu/kedelai, alat press, dan beberapa set kompor. Pemberian alat-alat tersebut, diharapkan dapat meningkatkan proses produksi baik dari segi efisiensi maupun kualias produk.

Selain itu, tim pengabdian juga melaksanakan kegiatan penyuluhan penggunaan buku stok barang, penerapan penggunaan media sosial untuk pemasaran produk serta peningkatan pemahaman mengenai kontrak kerja dengan karyawan. Pelaksanaan Program PKM terhadap mitra Kelompok Usaha Kacang Olahan untuk Oleh-oleh Khas Bali ini diharapkan dapat berdampak positif secara berkelanjutan dan diharapkan kedepannya mitra dapat melanjutkan program ini secara mandiri. (wid)