Singaraja (Bisnis Bali) – Untuk mewujudkan rasa kebersamaan LPD dengan Krama Desa, LPD Desa Pakraman Les Penuktukan Kecamatan Tejakula Buleleng menggelar undian berhadiah pada Minggu (23/9) malam. Gebyar hadiah ini merupakan kegiatan menyambut HUT ke- 28  LPD Desa Adat Les Penutukan. Gebyar undian berhadiah kali ini memperebutkan hadiah utama tiga unit sepeda motor dan puluhan hadiah doorprize dari sponsor dan mitra kerja LPD.

Hadir dalam kesempatan itu Tim Pembina LPD, Ketua BKS LPD Kabupaten Buleleng, Koordinator LP-LPD Buleleng, Mitra Kerja LPD Bank BPD Bali Cabang Singaraja dan Seririt, PT. Ussi, Jamkrida Bali serta unsur adat dari Desa Pakraman Les.

Kepala LPD Desa Pakraman Les, Nyoman Yudawan mengatakan, dalam memajukan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) selain harus didasari pengurus yang sehat, juga didukung penuh oleh masyarakat desa pakraman itu sendiri. Selain itu peran serta dari pada pengurus internal dan terkait seperti Badan Kerjasama LPD (BKS LPD) , Lembaga Pemberdayaan LPD (LP-LPD) juga sangat mendorong semangat peningkatan kualitas LPD agar makin berkembang.

“Sesuai hasil audit dari LP- LPD Kabupaten Buleleng LPD kami masuk klasifikasi LPD Sehat dengan perolehan nilai 95.05 persen,”katanya.

Meskipun kondisi perekonomian saat ini belum stabil, namun perolehan aset LPd Desa Adat Les per Agustus 2018 mencapai Rp32.408.142.000 meningkat 1.08 persen dari tahun lalu. Sementara perolehan laba sebesar Rp1.428.107.000 meningkat 87.08 persen dari tahun lalu. Sedangkan aset yang dimiliki jumlah kredit atau dana yang mengalir di masyarakat mencapai Rp29.055.278.000.

Untuk meningkatkan pelayanan serta antusiasme masyarakat Yudawan menyebutkan pihaknya akan menghadirkan program atau produk – produk yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya di Desa Les sehingga LPD mampu menjadi bank-nya Desa Pakraman.

“Saya tidak lupa mengucapkan terimakasih  kepada masyarakat atas antusiasnya sudah mendukung keberadaan LPD dengan menabung, menyimpan dana atau peminjaman dana di LPD ini, selain itu juga perkembangan LPD yang semakin baik setiap tahunnya tidak terlepas dari peran pembina seperti LP-LPD dan BKS LPD,” tandasnya. (ira)