EDUKASI - Upaya DPK Perbarindo Denpasar bersama OJK mengedukasi kalangan mahasiswa untuk gemar menabung dan memanfaatkan produk industri BPR.

Denpasar (Bisnis Bali) РTak hanya kalangan masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kalangan siswa dan mahasiswa merupakan pasar potensial yang perlu digarap bank perkreditan rakyat (BPR). Ketua DPK Perbarindo Denpasar, Made Sumardhana  di sela-sela kegiatan edukasi dan literasi keuangan di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (STIKI) Jumat (21/9) mengatakan, dalam program edukasi, industri BPR mendorong siswa dan mahasiswa untuk gemar menabung.

Untuk mendorong peningkatan penggaetan dana pihak ketiga (DPK) membuat BPR gencar melakukan edukasi dan literasi keuangan. Kegiatan ini tak hanya menyasar masyarakat umum tapi juga pelajar dan mahasiswa.  Pada dasarnya kalangan pelajar bisa menabung di BPR mulai dari tingkat SD. Tabungan ini bisa gunakan untuk bekal sekolah di perguruan tinggi.

Industri BPR menyiapkan jenis tabungan beasiswa untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Bahkan BPR menyediakan kredit masuk perguruan tinggi dengan bunga yang bersaing.

“Jumlah pinjaman untuk masuk perguruan tinggi mesti disesuaikan kemampuan membayar dari orangtuanya,” ucap Made Sumardhana.

Kabag Humas STIKI,  Nyoman Widhi Adnyana menilai, kegiatan edukasi dan literasi keuangan akan makin mendekatkan industri BPR dengan masyarakat termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Kalangan mahasiswa dapat mengimplementasikan gerakan gemar menabung.

Widhi Adnyana meyakinkan gerakan gemar menapung tak akan ada ruginya. Dengan menabung, kalangan pelajar dan mahasiswa bisa belajar mengelola keuangannya dengan baik.

Kepala bagian EPK, Perizinan, Kemitraan Pemda Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bali Nusra, Ambrocius Gerrit Lalopua dan Sekretaris DPD Perbarindo Bali, Ketut Komplit sama-sama menyampaikan kondisi BPR di Bali dan Denpasar pada khususnya dalam kondisi sehat. OJK dan Perbarindo sama-sama mendorong industri BPR biar tumbuh dan berkembang. Penempatan dana di BPR sangat aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (kup)