Kebaya Putih Payet Gold, Dominasi Permintaan

39

Singaraja (Bisnis Bali) – Aksesoris berwarna gold masih menjadi tren hingga kini. Selain warna emas ini multifungsi yang bisa dipadukan dengan warna apa saja juga memiliki kesan mewah dan elegan. Sama halnya dengan kebaya yang saat ini tren dengan payetnya.

Salah satu kebaya brokat dengan payet gold mendominasi digunakan pada kebaya putih. Warna emas yang berkilau dengan dasar kain berwarna putih akan memancarkan kesan elegant pada kebaya. Terlebih lagi apa bila penggunaan full payet pada setiap motifnya.

Apalagi musim pernikahan seperti saat ini, kebaya putih payet cenderung digunakan oleh calon pengantin sehingga kombinasi antara spiritual dengan nuansa putihnya serta gold dengan nuansa mewahnya menjadikan pengantin tampak elegant namun tetap sopan.

Ni Nengah Maha Juniati pemilik usaha Matahari Bali Kebaya ketika di wawancarai Bisnis Bali belum lama ini mengatakan kebaya putih payet mendominasi permintaan khususnya di musim pernikahan, peilihan payet juga lebih banyak gold atau silver.

“Payet warna gold memang paling banyak digunakan salah satunya pada kebaya putih,”tuturnya.

Nilai jual kebaya jika sudah dipayet memang cenderung lebih mahal. Tapi harga tersebut memiliki nilai seni yang cukup tinggi karena teknik sulam payet hanya bisa dilakukan secara manual. Selain itu tenaga ahli payet dituntut berkreasi dengan motif kain kebaya sehingga menghasilkan payetan dengan tingkat kerapian dan ketelitian cukup baik .Satu kebaya putih dengan payet gold bisa dijual mulai Rp 500.000 per pcs dengan full payet pada pinggiran dan bagian – bagian tertentu. (ira)