Singaraja (Bisnis Bali) – Untuk pertama kalinya Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)  Job Fair. Kegiatan ini diikuti sekitar 15 perusahaan besar, di antaranya Bank BRI, BPR Lestari, Adira Finance,  PT. Swakarya Insan Mandiri, Badan Kepegawaian Daerah,  Jiwasraya,  Bank Mandiri, Mahasurya Motor, Agung Toyota, BFI Finance, Pepito, PT. ratu Oceania Raya Bali dan Villa Nandini Ubud.

Wakil Rektor I Undiksha Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana,  M.Si usai membuka Job Fair 2018 di Gedung Auditorium Undiksha Singaraja (19/9) siang menjelaskan, kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat khususnya alumni Undiksha untuk mendapat pekerjaan sesuai pendidikan dan skill yang ditekuni dan dimiliki.

“Sebenarnya kegiatan ini sebagai biro jodoh, bagaimana menghubungkan antara yang memerlukan tenaga kerja dengan pencari kerja kita memfasilitasi itu melalui Job Fair,”tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Job Fair Undiksha 2018,  I Gusti Ayu Purnamawati, S.E., M.Si., Ak. Menjelaskan, kegiatan ini selain bertujuan memfasilitasi pencari kerja, juga membantu perusahaan atau pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas, profesional, sesuai kebutuhan perusahaan.

Melalui Undiksha Job Fair ini secara tidak langsung dapat mengurangi angka pengangguran khususnya di Kabupaten Buleleng melalui peningkatan kesempatan kerja dan memperpendek jalur rekrutmen sehingga mempercepat mempertemukan antara perusahaan dan calon pekerja.

Pihaknya berharap, ke depannya Undiksha sebagai perguruan tinggi dapat bersinergi dengan Disnaker Kabupaten Buleleng dalam mengurangi angka pengangguran serta memberikan peluang dalam perluasan kesempatan kerja bagi mahasiswa dan alumni undiksha serta masyarakat umum.

“Nantinya kegiatan ini bisa dilaksanakan secara reguler, sebelum pelaksanaan ini Tim UPT PKKM Undiksha melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seperti pelatihan melamar kerja dan pelatihan kepribadian secara tehnik berkomunikasi,”tutupnya. (ira)