Semarapura (Bisnis Bali) – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap peran aktif Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan dinas terkait untuk lebih diintensifkan, tak hanya menyasar produk makanan di pasar-pasar, namun juga di sekolah-sekolah.

“Selama ini saya lihat BBPOM lebih sering turun ke pasar tradisional dan pasar modern, namun jarang turun ke sekolah-sekolah di mana jajanan anak juga sangat perlu untuk diawasi. Apalagi pedagang-pedagang PKL yang berdagang di luar area sekolah,” ujar Suwirta.

Itu diungkapkan Suwirta saat menerima kunjungan Kepala BBPOM di Denpasar, Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt., di ruang kerjanya, Senin (17/9). Sementara IGA Adhi Aryapatni menilai, kerjasama BBPOM dan Pemkab Klungkung selama ini sudah berjalan dengan baik. Sejumlah program yang sudah berjalan, seperti Gerakan Keamanan Pangan Desa yang digulirkan sejak 2015 lalu akan dikuatkan kembali.

“Saya sangat apresiasi dan senang mengetahui selama ini kerjasama BBPOM dan Pemkab Klungkung telah berjalan dengan baik, bahkan dalam sejumlah program pun bupati ikut turun ke lapangan bersama petugas kami,” ujar Adhi Aryapatni.

Ke depannya, akan ada nota kesepahaman antara Pemkab Klungkung dan BBPOM di Denpasar, dalam meningkatkan koordinasi dan kerjasama menangani permasalahan di lapangan. Sehingga terjalin koordinasi dan sinergitas yang lebih intensif antara BBPOM Denpasar dan dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Ketahanan Pangan. (dar)