Unwar Mewisuda 1.022 Sarjana dan Magister

8

Denpasar (Bisnis Bali) – Universitas Warmadewa (Unwar) Senin (17/9) menggelar Dies Natalis ke-34 dan Wisuda ke-58 di areal Kampus Unwar. Dari segi output lulusan kali ini sangat membagakan. Pasalnya, dari 1.022 orang wisudawan sebanyak 985 orang (96,37%) lulus dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,0.

Mahasiswa yang diwisuda terdiri dari Pascasarjana sebanyak 94 orang, Fakultas Hukum 87 orang, Fakuktas Ekonomi 517 orang, Fakultas Sastra 109 orang, Fakuktas Pertanian 34 orang, Fakultas Teknik 151 orang dan Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 7 orang.

Wisudawan S1 lulus dengan IPK tertinggi diraih oleh I Wayan Wiarta (IPK 3.90) dari prodi Peternakan Fakultas Pertanian dan Wisudawan lulusan tercepat dengan masa studi 3 tahun 6 bulan 12 hari diraih oleh Kadek Indah Pradnyani. Sementara S2 Program Pascasarjana, lulusan dengan IPK tertinggi diraih oleh Ni Luh Supadmi Indrawati, SH. (IPK 3.96), sekaligus lulusan tercepat dengan masa studi 1 tahun 6 bulan 12 hari.

Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.Park., didampingi Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., Wakil Rektor II Ni Putu Partamawati, SE.,MM., Wakil Rektor III Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT.,IPM., dan Ketua Panitia Wisuda I Made Artawan, SE.,MM., mengatakan menghadapi Revolusi Industri 4.0, seluruh wisudawan diharapkan untuk terus belajar secara berkelanjutan.

Dengan demikian mereka dapat menghadapi tantangan yang semakin komplek dan kompetitif, serta mampu mengabdikan ilmu pengetahuannya dimasyarakat untuk kepentingan bangsa dan negara. Apalagi, selama menempuh pendidikan di Unwar, para wisudawan telah diberikan pelayanan yang memadai dengan berbagai fasilitas yang berbasis IT. Penyediaan di bidang sarana dan prasarana juga terus diupayakan.

Salah satunya menyediakan perpustakaan berbasis E-Library (E-Journal, E-Book, E-Repository) yang didukung oleh sistem informasi online berbasis SLIM-7  yang bisa diakses dari manapun dan setiap saat oleh seuruh civitas akademika Unwar.

Di bidang penguatan kelembagaan AIPT, dikatakan Unwar telah terakreditasi B dengan menempati peringkat 63 dari 4.600 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bahkan, Unwar menduduki ranking 1 perguruan tinggi swasta di Indonesia bagian Timur. Dari 20 prodi, Peternakan Fakultas Pertanian Unwar satu-satunya yang telah mencapai akreditasi unggul yaitu peringkat A. Untuk manambah akses masyarakat dari segi kelembagaan saat ini Unwar telah mengusulkan Vokasi D3, yaitu Sistem Informasi Akuntansi dan D4  Perpajakan.

“Yang sangat membanggakan adalah lulusan uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter FKIK mencapai 88,44 persen jauh melampaui rata-rata lulusan tingkat nasional yang hanya 63,11 persen,”ujar Prof. Widjana saat presscon, Sabtu (15/9) lalu.

Dikatakan, pada kegiatan bidang forum akademik sebagai implementasi kerjasama juga telah dilakukan, baik ditingkat nasional maupun internasional yaitu International Conference on Bussines Law and Local Wisdom in Tourisme University. Selain itu juga kerjasama dengan Unas Jakarta, Maharishi University of Manjement, Iowa USA, kerjasama dengan Chung Yuan Christian University Taiwan. (pur)