SOSIALISASI - Kegiatan Sosialisasi dan Penukaran ATM berlogo ATM dibuka ditandai dengan pemukulan gong.

Singaraja (Bisnis Bali) – Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan sistem yang memudahkan masyarakat saat ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant. Di Buleleng sosialisasi serta penukaran ATM berlogo GPN dilaksanakan di Taman Kota Singaraja Minggu (16/9) pagi.

Manager Difungsionalitas System Pembayaran Bank Indonesia Provinsi Bali Ahmad menilai, manfaat yang didapatkan masyarakat dengan GPN ini diantaranya bisa bertransaksi pembayaran dalam negeri di kanal pembayaran yang berbeda.

Selain itu, dari segi kenyamanan, kemudahan dengan fitur dan layanan terstandardisasi, efesiensi di mana standardisasi biaya pemrosesann domestik, kemudahan akses yakni kenal pembayaran yang tersedia dapat memproses seluruh kartu. Di samping itu dari segi keamanan nasional, pemrosesan transaksi di dalam negeri, manfaat yang terakhir yakni data dan informasi penyimpanan data dan informasi lebih terjaga.

“Semua Bank Umum sudah bisa melayani penggantian kartu debit ATM, selain itu masyarakat semakin terlindungi khususnya kerahasiaan data nasabah lebih terjaga,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak tingginya antusias masyarakat yang sengaja datang untuk menukarkan ATM lamanya dengan yang berlogo GPN tidak terkecuali masyarakat yang saat itu melaksanakan kegiatan olah raga pada Car Free Day.

“Dengan adanya kegiatan ini masyarakat diharapkan dapat semakin mengenal GPN sehingga dapat semakin diterima oleh masyarakat,” tegasnya. (ira)