Bunga Azalea makin Diminati

10

Mangupura (Bisnis Bali) – Membuat taman cantik penuh dengan bunga, tanaman bunga Azalea dapat menjadi salah satu pilihan. Tanaman hias yang satu ini memiliki keunggulan yaitu bisa mengeluarkan kuntum bunga pada setiap rantingnya, sehingga sangat indah dilihat.

Komang Ari, pedagang tanaman hias di Pasar Bringkit, Kabupaten Badung mengatakan, peminat bunga Azalea terus meningkat. Bunganya yang banyak dan warnanya cantik menjadi daya tarik tanaman hias yang satu ini.

Bunga yang berasal dari Jepang tersebut sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah karena tanaman ini mudah beradaptasi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman Azalea dapat berbunga. Faktor yang paling berpengaruh adalah media tanam biasanya dengan tingkat poros tinggi seperti sekam.

“Campur media tanam sekam dengan tanah subur dan pupuk organik dengan perbandingan 3:1:1, agar air mudah mengalir. Penyiraman cukup dilakukan 1 kali sehari,” terangnya.

Cara penyiraman jangan langsung memberikan air pada tanaman azalea secara berlebihan. Karena Azalea tidak terlalu menyukai banyak air. Biasanya Azalea berbunga pada musim kemarau. Tapi kalau ingin memaksakan Azalea berbunga tidak pada musimnya ada caranya.

“Cara yang umum dilakukan yaitu kurangi debit air yang diberikan kepada bunga azalea atau jangan siram Azalea selama 5 hari. Setelah itu baru siram, dan biasanya  tanaman akan segera berbunga,” terangnya.

Cara lain yang lebih aman dilakukan, agar tanaman tidak mati yaitu berikan pupuk pembungaan pada tanaman. Pupuk ini mudah didapatkan di toko – toko pertanian.

Warna bunga Azalea bervariasi dari merah, ungu, putih, pink dan kuning. Namun bunga yang paling diminati berwarna merah muda. (pur)