Denpasar (Bisnis Bali) – Gubernur Bali Wayan Koster menerima audensi Konsul Jenderal Jepang Hirohisa Chiba di Kantor Gubernur Bali, Kamis (14/9). Selain mengucapkan selamat atas terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Konjen Hirohisa Chiba mengatakan selama ini hubungan antara pemerintah Jepang dan Bali sudah berjalan dengan baik.

“Kami ingin hubungan yang telah terjalin dengan baik bisa terus terjaga ke depannya,” kata Chiba.

Konjen Chiba menyampaikan beberapa kerjasama yang telah terjalin antara Jepang dan Bali. Di antaranya peringatan ke-60 Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia, kerjasama antara Prefektur Kumamoto dengan Provinsi Bali di bidang pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata dan pendidikan.  Kerjasama antara kota Toyama dengan Provinsi Bali dan kabupaten di Bali bidang lingkungan hidup dan energi terbarukan. Serta pembahasan kerjasama Face Recognition System untuk Smart City Kabupaten Badung, penempatan tenaga sukarela untuk pembelajaran bahasa Jepang, beasiswa bidang industri dan pendidikan dengan Universitas Shizuoka yang didukung perusahaan dari Shizuoka dan kerjasama antar universitas.

Gubernur Wayan Koster mengapresiasi hubungan baik antara pemerintah daerah di Bali dengan Jepang. Ia berharap kerjasama ini bisa terus terjalin makin baik ke depannya.

“Yang bisa kita tiru dari Jepang adalah bagaimana modernisasi bisa berkembang namun budaya juga berjalan dengan baik serta tradisi masyarakat terjaga dengan kuat,” ujarnya. Ini sejalan dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang menjadi konsep dalam menata Bali secara menyeluruh.

Ia berharap di samping kerjasama yang sudah terjalin, pemerintah Jepang juga memberi perhatian terhadap pembangunan infrastruktur guna mendukung pariwisata yang aman dan nyaman di Bali. (pur)